HETANEWS

Panwaslih Siantar: Penertiban APK yang Menyalahi Menjadi Tugas Satpol PP

Muslimin Akbar, Panwaslih Kota Siantar, Kordinator Divisi PHL (Pencegahan Hubungan Antar Lembaga). (foto/hug)

Siantar, hetanews.com-Divisi Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Siantar, Muslimin Akbar menegaskan, jika setiap Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang menyalahi aturan agar ditindak langsung oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Hal itu disampaikannya, setelah pihaknya melakukan koordinasi ke Pemko Siantar melalui surat yang dilayangkan, kemudian diteruskan ke Satpol PP. Hal itu diatur sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2017. 

"Untuk kedua kalinya, Panwaslih Kota Siantar sudah melayangkan surat ke Pemko Siantar cq Satpol PP Kota Siantar, agar segera menertibkan alat peraga kampanye yang menyalahi aturan. Jadi, segala baliho atau spanduk di jalan-jalan, sudah menjadi tanggung jawab Satpol PP untuk menertibkanya. Karena kita sudah surati mereka," ujar Muslimin Akbar, ditemui di ruangan, Rabu (7/3/2018).

Spanduk Djarot-Sihar, di Jalan Kartini simpang Jalan Dahlia Kota Siantar. (foto/hug)

Sambung Divisi Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) ini, sesuai aturan yang berlaku, yang dapat digunakan sebagai APK paslon Gubernur dan Wakil Gubernur harusnya berdasarkan design atau format yang resmi dari KPUD Sumut.

Hal itu sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 Pasal 24.

"Diluar dari APK yang dikeluarkan resmi oleh KPU, itu sudah menyalahi aturan. Karena, untuk APK sudah paslon dan pemasangannya sudah ditetapkan oleh KPU. Design dan lokasi masing-masing sudah ditentukan. Jadi di luar itu, misalnya baliho atau spanduk yang menyertakan nama salah satu paslon atau nomor urut, itu bisa ditertibkan oleh Satpol PP,"bkata Muslimin menambahkan.

Ditempat berbeda, sebuah spanduk salah satu paslon masih terpampang melintang, di Jalan Kartini simpang Jalan Dahlia Kota Siantar.

Spanduk tersebut dipajang melintang di atas jalan utama, bertuliskan nama salah satu pasangan calon yang diusung Partai PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Djarot-Sihar.

Penulis: gee. Editor: gun.