Siantar, hetanews.com - PT Sutan Indo Aneka Mobil cabang Siantar, kembali mangkir saat pemanggilan sidang tripartid keTiga yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Siantar, Senin (5/3/2018).

Pada sidang pertama dan kedua, pihak perwakilan perusahaan jual beli mobil ini juga tidak memenuhi panggilan.

Tiga kali sidang berturut-turut, pihak PT Sutan Indo Aneka Mobil masih belum juga hadir memenuhi panggilan. Sementara itu dari pihak pemohon, yakni tiga orang Sales Eksekutif didampingi kuasa hukumnya, selalu hadir dalam sidang yang dimediasi oleh dinas tersebut.

Kendati demikian, pihak PT Sutan Indo Aneka Mobil melalui kuasa hukumnya, pernah sekali melayangkan surat  yang menyatakan jika pemanggilan sidang oleh Dinsosnaker tersebut belum memenuhi Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2004. Hal itu diketahui pada pemanggilan sidang kedua, Kamis (8/2/2018) lalu.

Fransiskus Silalahi, selaku kuasa hukum pemohon yang ditemui usai memenuhi panggilan tersebut, mengaku menyayangkan sikap dari pihak PT Sutan Indo Aneka Mobil. Selama tiga kali tidak mengikuti panggilan, pihak perusahaan terkesan tidak peduli dengan nasib tiga orang karyawan yang sudah di PHK.

"Disini kelihatan gak ada niat baik dari perusahaan untuk menolong 3 orang mantan karyawanya mereka yang dipecat secara sepihak. Kami sangat menyangkan sekali etikat mereka yang tidak ingin mengahadiri sidang ini," ujar Fransiskus, yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC SBSI Kota Siantar ini.

Sambung Silalahi, setelah agenda pemanggilan tripartid ke tiga ini,  Dinsosnaker Kota Siantar, dalam waktu dekat ini akan membuat arahan kepada kedua belah pihak, yakni pemohon dan termohon.

Baca Juga: PT Sutan Indo Tak Punya Etikad Baik Penuhi Tuntutan 3 Karyawan yang Dipecat

Baca Juga: Tiga Karyawan Dipecat, PT Sutan Indo Aneka Mobil Belum Berikan Jawaban

Persoalan ini berawal saat PT Sutan Indo Aneka Mobil cabang Siantar, memecat orang karyawan yang bekerja di Sales Eksekutif secara sepihak.

Hal itu dibeberkan oleh 3 orang karyawan yang bertugas sebagai Sales Eksekutif, yang mengadukan  persoalan itu ke DPC SBSI Siantar, Kamis (28/12/2017) lalu. Ketiga orang karyawan PT Sutan Indo Aneka Mobil tersebut yakni, Sarman Sidabutar, Rahmad Hasibuan dan Sahata Sihombing.