HETANEWS

Harimau Sumatera Berkeliaran Di Permukiman Warga Seluma Utara

Harimau (foto/Istimewah)

Bengkulu, hetanews.com - Warga Dusun Suka Maju, Kelurahan Puguk, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu diresahkan dengan munculnya harimau sumatera atau panthera tigris sumatrae di areal pemukiman penduduk dua pekan terakhir.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, Abu Bakar Chekmat mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim ke lapangan guna mengecek kehadiran harimau tersebut.

''Kami sudah menurunkan tim,'' kata Abu, Senin (5/3/2018).

Harimau yang berkeliaran di perkampungan salah satu penyebabnya karena pengaruh perburuan hama babi secara besar-besaran, baik di kawasan hutan maupun hutan lindung.

Akibatnya pakan harimau di kawasan hutan menjadi berkurang. Dampaknya, harimau mencari pakan di luar kawasan hutan atau areal perkampungan masyarakat setempat.

''Kami meminta perburuan hama babi di luar kawasan hutan,'' sampai Abu. Imbauan perburuan di luar kawasan hutan, sambung Abu, akan disampaikan ke klub-klub pemburu. Di mana saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat.

''Itu belum disampaikan ke klub-klub. Kami masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan masyaralat. Ini akan segera disosialisasikan,'' terang Abu.

Tentu kita tak mau kejadian seperti di Desa Hatupangan, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara terulang. Warga yang sebulan 'dihantui' harimau sumatera akhirnya mati setelah ditombak warga.

sumber: detik.com

Editor: sella.