Karo, hetanews.com - Erupsi Gunung Sinabung yang berkepanjangan, membuat banyak pihak simpatik dengan keadaan yang dialami warga terdampak.

Kali ini, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Taufik Rizal Batubara bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Sumatera Utara, Minggu (4/2/2018), gelar silaturahmi dan memberikan bantuan, sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap pengungsi korban Sinabung yang tinggal di Hunian Sementara (Huntara) Terong Peren, Desa Mardinding, Kecamatan Tiganderket, Karo.

Aksi sosial diawali dengan hiburan dan sarapan pagi, foto sesama komunitas IMBI dan perkenalan di Makodim 0205/TK oleh 15 Club Comunitas Ikatan Motor Besar Indonesia se- Sumatera Utara, dilanjutkan menuju Huntara Terong Peren.

Sebelum menyerahkan bantuan, Dandim dalam sambutannya menyampaikan, tujuan kedatangannya bersama komunitas IMBI Sumatera Utara. Di mana kedatangannya ingin berbagi dengan memberikan bantuan yang telah dikumpulkan komunitas IMBI.

Komunitas IMBI Sumut saat foto bersama di posko pengungsian korban erupsi Sinabung. (foto/ardiansyah)

“Kepada bapak dan ibu, supaya tetap tabah dan selalu bersyukur, karena apa yang telah terjadi saat ini, tidak selamanya menjadi sebuah penderitaan. Percayalah suatu saat akan berubah menjadi sebuah berkat bagi kita. Semoga bantuan yang akan kita berikan, dapat membantu meringankan beban bapak/ibu semua,” ujar Dandim menghibur para pengungsi.

Dia juga berharap kepada seluruh komunitas agar tetap menggalang bantuan guna mengurangi beban warga terdampak erupsi Gunung Sinabung.

“Karena saya dilahirkan di sebuah Dusun. Tapi dengan semangat berjuang bersekolah, bisa menjadi pengawal Presiden dan seperti saat ini. Begitu juga dengan adek-adek semua yang masih bersekolah, sekolah agar jangan pernah putus asa. Tetap asah semangat, berjuang dan percayalah, kamu bisa menjadi orang besar. Jangan pernah takut bermimpi, meskipun situasi saat ini seperti tak ada harapan.Tapi tetaplah belajar mensyukuri,” ucapnya menasehati.

Sementara Sekretaris IMBI Sumatera Utara, Fahmi mengatakan, akibat bencana erupsi Sinabung, komunitas IMBI memutuskan dan bergabung untuk mengadakan bantuan sosial. Di mana bantuan sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka.

“Ini adalah kegiatan rutin yang sudah sering dilakukan. Karena para anggota yang tergabung dalam komunitas menganut berbagi agama, suku dan ras. Sehingga untuk menghormati kegiatan-kegiatan hari keagamaan, selalu kita wujudkan dalam bentuk kegiatan sosial. Baik kegiatan lebaran, Natalan dan Imlek. Jadi untuk kegiatan kali ini, difokuskan menghormati hari Imlek atau bakti sosial Imlek tahun 2018," ujarnya.

Pihaknya memberikan bantuan dalam bentuk sembako, masker dan alat tulis, sembari berterima kasih kepada Dandim yang telah mengarahkan komunitas ke Huntara Terung Peren.

Menanggapi itu, Kepala Desa Mardinding, Jepri Sangapta Singarimbun mengucapkan terima kasih kepada seluruh komunitas IMBI dan Dandim 0205/TK dan Danlanud Swendo Medan, Kolonel (Pnb) Daan Sulfi yang menyempatkan berkunjung dan memberikan bantuan sosial.

“Terima kasih saya ucapkan atas kepedulian saudara-saudara. Akibat Sinabung, hampir 8 tahun warga meninggalkan kampung. Sampai-sampai anak-anak kami, besar-besar di pengungsian. Kami sangat terharu dengan kedatangan Pak Dandim, beserta rombongan. Semoga Pak Dandim diberikan kesehatan dan kenaikan pangkat. Sekali lagi, kami ucapkan banyak terima kasih,” ujarnya.