HETANEWS.COM

Pembangunan PKS Berlanjut, Camat Hatonduhan: Belum Ada Instruksi Asisten I

Camat Hatonduhan, Maryaman Samosir.

Simalungun, hetanews.com - Dikabarkan pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Sawitta Jaya Sejahtera (SJS) di lahan eks Hutan Tanaman Industri (HTI)  di Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun masih terus berlanjut. 

Camat Hatonduhan, Maryaman Samosir, Jumat (2/3/2018) mengaku tidak melakukan pelarangan karena belum ada instruksi dari Asisten I Pemkab Simalungun untuk menghentikan pembangunan PKS tersebut.

"Itu tak kita larang, karena sampai saat ini belum ada instruksi dari pak Asisten I Pemkab Simalungun untuk menghentikannya," ungkap Maryaman via telepon seluler miliknya. 

Sementara diketahui, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) gabungan Komisi I dan Komisi III DPRD Simalungun, Asisten I, Marolop Silalahi. Camat, Maryaman Samosir dan Pangulu Buntu Bayu, Lumuntar Saragi menyepakati pembangunan PKS itu untuk dihentikan sementara mengingat alas hak bangunan tidak memenuhi syarat. 

Ini juga mengingat lahan eks HTI itu dilepas Kementrian Kehutanan (Kemenhut) RI peruntukkannya sebagai lahan pertanian masyarakat Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan. 

Dinas Perijinan Kabupaten Simalungun pada RDP bersama Komisi I dan Komisi III DPRD juga menyatakan bahwa pihaknya masih hanya memberikan ijin prinsip, SIUP dan TDP kepada perusahaan tersebut. 

Namun sebelum mengambil kesepakatan bersama untuk menghentikan sementara atas pembangunan PKS tersebut, Camat Hatonduhan menyatakan menerbitkan rekomendasi karena memiliki alas hak. Dan hal itu juga ddyakinkan Pangulu Nagori Buntu Bayu, Lumuntar Saragi kepada sejumlah masyarakatnya.

Salah satunya alas hak itu yakni sertifikat lahan eks HTI yang dijual salah satu warga, Martua Sinaga kepada pengusaha PKS PT SJS. Juga sertifikat lahan warga lainnya di Nagori itu.

Penulis: zai. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan