Humbahas, hetanews.com - Kegiatan gotong royong massal Karang Taruna bersama Uspika Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) diikuti seluruh pengurus Karang Taruna 10 Desa.

Hadir juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Humbahas, Francisko Leonardo Sihite beserta beberapa jajarannya. 

Gotong royong ini dilaksanakan untuk membantu pemerintah terhadap masalah yang umum diresahkan yaitu penanganan sampah yang tidak kunjung dapat diselesaikan. 

Ini juga merupakan salah satu strategi yang jitu menurut Camat Sijamapolang, Maringar Sinaga. Karena menurutnya, gotong royong dari Karang Taruna akan merubah paradigma masyarakat yang selama ini kurang kepedulian terhadap kebersihan lingkungan masing-masing. 

"Ini merupakan strategi yang saat ini kita buat. Karena jika masyarakat umum melihat kita bersama Karang Taruna gotong royong rutin, mereka (masyarakat( pasti akan berfikir untuk membuang sampah sembarangan. Kita berharap melalui gerakan ini akan perlahan membuat masyarakat lebih mencintai lingkungannya," terang Maringar. 

Maringar juga berharap agar Karang Taruna dapat menjadi motor perubahan di daerah. Ini karena Karang Taruna merupakan organisasi mitra pemerintah yang akan menjadi pendukung program pemerintah.

"Saya berharap untuk Karang Taruna bisa menjadi motor perubahan dalam masyarakat di daerah-daerah termasuk di Desa. Karena di peraturan juga Karang Taruna tidak terlepas dari pemerintah," tambahnya. 

Ketua Karang Taruna Kecamatan Sijamapolang, Robinhoot Silaban mengatakan, akan membuat suatu terobosan di Kecamatan itu yang selama ini masyarakat menganggap remeh terhadap kebersihan lingkungan. 

Robinhoot berencana akan membuat sebuah taman di tempat yang strategis berupa gambar-gambar grafity yang akan memotivasi masyarakat melalui gambar tersebut. 

Itu untuk mengubah paradigma masyarakat yang selama ini tertidur dalam hal pembinaan pemuda serta sadar lingkungan.

"Kita juga akan buat taman yang berbentuk gambar-gambar grafity dan menyisipkan pesan-pesan moril dalam gambar tersebut untuk menggugah hati masyarakat dalam hal sadar lingkungan," ujar Robinhoot.