HETANEWS.COM

Tebingtinggi Terancam Banjir Besar, Ini Penyebab Sungai Bahilang Mengecil 

Kondisi aliran Sungai Bahilang yang semakin mengecil. (foto/ver)

Tebingtinggi, hetanews.com - Sejak tahun 2015 sepanjang area Sungai Bahilang semakin mengecil.

Ini akibat dampak pembangunan bronjong dan tembok penahan rumah warga juga berdiri tegak di bibir sungai.

Yang parahnya lagi, Sungai Bahilang di Jalan Sisingamangaraja tepatnya di samping Gereja Advend, sungai tampak jelas sudah mendekati selebar parit.

Bertumbuhnya lahan persawitan sepanjang bibir sungai  dan tidak mampunya sungai dikeruk dinas terkait, sehingga tanah maupun buangan sampah membuat sungai dangkal dan mengecil. Kondisi ini membuat warga waspada.

Untung saja selama 2 bulan ini masa musim panas. Bila tidak banjir yang selalu hadir akan lebih parah terjadi bila tidak cepat lahan sawit itu ditebang, begitu juga penggerukan lokasi sungai.

Kadis Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Pemko Tebingtinggi, Rusmiaty Harahap, kemarin, saat gotong royong mengaku, hal itu belum diketahuinya.

Sementara itu, salah seorang warga, Pak Maria, berharap agar lahan sawit yang sudah 3 tahun itu tumbuh agar segera ditumbang dan penggerukan sungai secara keseluruhan dilakukan.

"Ini untuk menghindari banjir besar akibat sungai semakin kecil," tandasnya, Jumat (2/3/1018).

Penulis: ver. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan