HETANEWS

Bolos Sekolah, dapat Surat Peringatan dan Perjanjian Dipecat

Kepsek SMA HKBP Pangururan, Espi Simbolon. (foto/abida)

Samosir, hetanews.com -Disiplin para siswa-siswi di Yayasan SMA-SMK HKBP Pangururan, Kabupaten Samosir diterapkan begitu ketat.

Jika tertangkap tangan, akan dilayangkan surat peringatan dan perjanjian untuk tidak bolos sekolah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMA HKBP Espi Simbolon, di ruang kerjanya, Kamis (1/3/2018). Dikatakannya, tindakan itu untuk merujuk dalam membina kedisiplinan pelajar.

"Ada perubahan dari pelajar yang bolos setelah menandatangani perjanjian. Karena isinya adalah jika melanggar akan dipecat atau dikeluarkan dari sekolah ini," ujar Espi.

Bukan sampai disitu, pihak sekolah pun melayangkan surat peringatan kepada orang tua. Dan melalui itu, orang tua siswa,siswi dapat mengetahui tingkah laku anaknya.

"Kita juga menyurati orang tua pelajar. Langkah ini kita tempuh agar secara langsung para orang tua mengetahui kelakuan anaknya," ungkap Espi.

Penerapan kedisiplinan tersebut dilakukan dengan dibentuknya berupa pengawasan pelajar dari kalangan guru. Tugasnya, menyusuri beberapa titik kumpul para pelajar yang bolos.

"Jika ada ditemukan akan kami tindak melalui surat peringatan dan perjanjian ini," tegas Espi.

Espi juga tidak menyangkal bahwa adanya pelajar dari sekolah SMA HKBP yang bolos. Namun menurutnya, bolosnya pelajar bukanlah di waktu jam pelajaran berjalan.

"Pelajar kita kadang bolos bukan pada jam mata pelajaran. Mereka tidak datang pagi dan itulah yang sulit kita awasi. Makanya, saya harapkan kepada masyarakat baik orang tua menasihati jika ada pelajar yang keluyuran," pungkas Espi.

Penulis: abidan. Editor: aan.