HETANEWS

Dikonfirmasi Soal Tindaklanjut Cuitan Lista Damanik, Tenaga Ahli Beri Tanggapan ‘Nyeleneh’

Simalungun, hetanews.com -  Oknum Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Dana Desa (DD) Kabupaten Simalungun, Royani Harahap terkesan nyeleneh menanggapi konfirmasi  hetanews.com soal tidaklanjutnya cuitan Pendamping Desa (PD) Pemberdayaan Kecamatan Tanah Jawa, Lista Damanik.

Sebelumnya, Lista menuding mitra kerjanya, mantan pendamping Desa (PD) Teknik Kecamatan Tanah Jawa, Sabar Martua Simamora yang berpeluang bermain dalam program Dana Desa. Yakni memperjual belikan RAB (Rincian Anggaran Belanja) proyek kepada Pangulu. 

"Ok sahabat juangku, entr kita infokan," tulis Royani via WhatsApp (WA)  miliknya, Rabu (28/2/2018), tanpa merinci kata ‘entr’ dimaksud dan menyatakan dirinya sedang berada di Bandar Masilam, Kecamatan Bandar Masilam.

Sementara sebelumnya, TA Infrastruktur, Pantas Pangaribuan tidak membantah bahwasanya Lista Damanik ada datang ke tingkat Kabupaten guna menghadiri panggilan soal cuitannya itu. Sementara yang menginterogasi Lista adalah Royani Harahap dan Sunardi. 

Disinggung apakah pihak TA sudah ada melaporkan pernyataan Lista Damanik ke Konsultan Pendampingan Wilayah (KPW), Royani yang merupakan mantan PD Pemberdayaan dari Kabupaten Dairi dan baru direlokasi ke Kabupaten Simalungun ini tidak menanggapi.

Bahkan soal adanya hasutan yang dihembuskannya saat menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan para PD dan PLD se Kabupaten Simalungun, di gedung MUI, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Senin (26/2/2018). Diketahui dasil rakor itu untuk bersama-sama mengkudeta Pemkab Simalungun, dalam hal ini ke DPMPN (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori)

Untuk memberikan hak pelaksanaan program Dana Desa, menurut Royani, Pemkab Simalungun selama ini sudah mengintervensi. Sehingga realisasi program percepatan pembangunan ke pelosok desa oleh Kementrian Desa (Kemendes) dinilai gagal olehnya, juga dibantah Royani dan kembali menyeleneh menanggapi konfirmasi hetanews.com.

“Tidak benar sahabat ku, kita sama-sama mengawal penggunaan dana desa. Kerja sama kita sangat kami butuhkan," ucap Royani melalui WA.

Sementara menurut informasi dari rakor tersebut, Royani Harahap ada menghasut para PD dan PLD. Bahkan Royani tidak merasa riskan menyampaikan keinginannya tersebut, walau diketahuinya salah satu peserta adalah adik kandung Kadis DPMPN, Lurinim Purba yakni PD Pemberdayaan Kecamatan Panombeian Panei. Sebelum diiketahui adik kandung perempuan Lurinim Purba itu adalah PD Pemberdayaan di Kecamatan Siantar.

Penulis: zai. Editor: aan.