HETANEWS.COM

Pejabat Pemkab Labuhanbatu Lakukan Test Urine

Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap saat menandatangani fakta integritas. (foto/fendi)

Labuhanbatu,hetanews.com- Pembentukan tim satuan pelaksana pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat akditif lain yang dibentuk Bupati Labuhanbatu, resmi dilantik kepengurusanya oleh Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap, Rabu (28/2/2018), sekitar pukul 09.45 WIB, di Ruang Data dan Karya Pemkab Labuhanbatu.

Sekitar 200 orang aparat keamanan dan pejabat Pemkab Labuhanbatu, mengikuti kegiatan dengan tema penandatanganan Fakta Integritas Bebas Narkoba dan pelantikan Tim Satuan Pelaksana  Anti Narkoba,  di lingkungan Pemkab Labuhanbatu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap, ‎Dandim 0209/LB, Letkol Czi Denden Sumarlin, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang, Kepala BNNK Tanjungbalai, AKBP H.Eddy Mashur Nasution, Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP Jama Kita Purba, mewakili Kajari Rantauprapat, Nikardo, Staf Ahli Bupati Bid.Administrasi Umum, Ikramsyah Putra Nasution, Plt Asisten Ekbang dan Eksos, Hasan Heri Rambe, Kakan Kesbangpolinmas Labuhanbatu, Hasnul Basri, Danki Senapan C, Kapten Inf M Sembiring, seluruh OPD Kabupaten Labuhanbatu serta ‎Camat se Labuhanbatu.

Adapun susunan kepengurusan tim tersebut, bertindak sebagai pembina tim pelaksana, Bupati Labuhanbatu, ‎Ketua DPRD, ‎Dandim 0209/LB.L, Kapolres Labuhanbatu dan ‎Kajari Labuhanbatu.

Dan diketua‎ oleh Kepala BNNK Tanjungbalai, AKBP H Eddy Mashur Nasution,Wakil Ketua, Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP Jama Kita Purba, ‎Sekretaris, Kaban Kesbangpol, Hasnul Basir Siregar, Wakil Sekretaris, Kepala Bidang Intergrasi dan Pengembangan Nilai - nilai Kebangsaan Kesbangpol. 

Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap dalam kesempatanya, menyampaikan tentang situasi narkoba saat ini.

"Seperti yang disampaikan presiden republik Indonesia, Jokowidodo, bahwa negara kita kini tengah menghadapi situasi darurat narkoba yang mengancam kelangsungan hidup generasi penerus bangsa. Karena telah nyata menimbulkan perusakan bagi para pemakainya,"katanya.

Sambung Pangonal, "Sama - sama kita ketahui, di era sekarang ini semakin canggih. Modus operasi penyelundupan dan peredaran gelap narkotika dari negara tetangga. Dan telah merambah seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan terkait upaya pemberantasan penyalah gunaan narkoba. Di antaranya dengan undang - undang no 35 tahun 2009 tentang naroba dan permendagri no 21 tahun 2013 tentang fasilitas pencegahan narkoba,"paparnya.

Selain itu, menurut Pangonal, Pemkab Labuhanbatu telah meberbitkan peraturan Bupati no 29 tahun 2017 tentang pencegahan penyalagunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif  lainnya. Dan nantinya, lanjut Pangonal, pihaknya akan membuat peraturan daerah.

"Saya berharap dengan dibentuk dan dilantiknya tim satlak ini, saudara - saudara akan selalu sigap dan tanggap dalam merespon setiap persoalan terkait penyalah gunaan narkoba dan mampu bekerja sama dengan aparat terkait,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Tanjungbalai, AKBP H Eddy Mashur Nasution, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu karena telah membentuk Tim Satgas Anti Narkoba dan penandatanganan Fakta Integritas.

"‎Kami berharap di Labuhanbatu agar dibentuk BNNK Labuhanbatu, karena sampai saat ini, kami membawahi sampai Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan,"ucapnya.

Dijelaskannya, sampai saat ini, kabupaten/kota sangat rawan terhadap narkoba. Dengan rata – rata, 50 orang per hari meninggal sia-sia karena narkoba.

"Saya himbau kepada kita semua, sebelum ditangkap pengguna narkoba agar melaporkan ke BNNK Tanjungbalai agar direhab dan diobati. Saya akan jamin tidak akan proses hukum,”tutup Edi Mashur.

Rangkaian kegiatan terdebut, diisi dengan test urine kepada 20 orang perwakilan OPD Labuhanbatu dari Eselon II. Dari hasil test dinyatakan negatif. Para pejabat dinyatakan bebas narkoba.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!