HETANEWS.COM

PN Simalungun Terbitkan Izin Sita Atas Aset CV BD Mandiri Terduga Penadah TBS Curian

Gedung Pengadilan Negeri Kabupaten Simalungun.

Simalungun, hetanews.com - Terkait tangkapan puluhan truk bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) oleh Poldasu, Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, mengeluarkan tiga izin penyitaan atas permintaan Bareskrim Poldasu, tertanggal 17 Februari 2018.

Ketiga surat izin tersebut, ditandatangani Wakil Ketua PN Simalungun, Abdul Hadi Nasution dan dilegalisir oleh panitera, Parulian Hasibuan, tertanggal 26 Februari 2018.              

Ketiga surat izin penyitaan tersebut, tertuang dalam surat penetapan No.146/Pen.Pid/2018/PN-SIM, No. 147/Pen.Pid/2018/PN-SIM dan No. 148/Pen.Pid/2018/PN-SIM.

Penerbitan surat izin penyitaan berdasarkan surat laporan management PTPN IV ke Poldasu  No. LP/220/II/2018 Ditreskrimsus tanggal 16 Februari 2018 terkait hilangnya TBS dari areal PTPN IV Unit Kebun balimbingan, Marihat, Bah Jambi dan Kebun Tonduhan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.                   

Dengan sudah cukup alasan untuk memberikan persetujuan  tersebut, bahwa diduga telah melakukan tindak pidana setiap orang dilarang menadah hasil usaha perkebunan yang diperoleh dari penjarahan dan atau pencurian, sebagaimana diatur  dalam pasal 78 jo pasal 111 dan pasal 55 huruf (e) jo pasal 107 UURI No 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.                    

Aset CV Mandiri beralamat di Huta I Sinar Rejo, Nagori Bah Kisat, Kecamatan Tanah Jawa,  Simalungun, berupa mobil 10 unit terdiri dari truck tronton,  colt diesel dump truck, cold diesel, L300 dan Taft Badak dan UD Rizky beralamat di Baja Dolok, Kecamatan Tanah Jawa.

Selain truk, juga TBS sebanyak 2201 janjang yang diantaranya 483 TBS jenis tenera.                      

Kemudian uang tunai sebesar Rp 61.117.000, merupakan uang pembelian TBS, sejumlah boundle bon faktur catatan pembelian TBS, timbangan, stempel berlogo BD dan stempel berlogo "Pengusaha Muda", kalkulator merk Casio, tojok dan kampak.                        

Di dalam permintaan surat izin sita Poldasu, juga menerangkan dari puluhan saksi yang dimintai keterangannya sudah menetapkan satu orang tersangka, yakni Nasib alias Mabes (54), karyawan gudang BD Mandiri, di Huta I Sinar Rejo, Nagori Bah Kisat, Kecamatan Tanah Jawa.                              

Demikian data yang diperoleh wartawan  melalui humas PN Simalungun, Justiar Ronal, Rabu (28/2/2018), di kantornya.

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!