HETANEWS.COM

Temui Petani di Desa Persuratan, Ini Komitmen Bupati Tobasa Tingkatkan Hasil Pertanian

Bupati Tobasa, Darwin Siagian menyerahkan bantuan alat pertanian kepada petani di Desa Persuratan, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasa. (foto/frengki)

Tobasa,hetanews.com- Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa) melakukan pertemuan dengan masyarakat petani dalam Forum Komunikasi Pembangunan Pertanian (FKPP), di Desa Persuratan, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasa. 

Pada pertemuan ini, hadir Bupati Tobasa, Darwin Siagian, Ketua Tim Penggerak PKK, Rita Aruan, Wakil Ketua DPRD, Tonny Simanjuntak, Kepala Dinas Pertanian, Lintong Sitorus, Kades Desa Persuratan, Turman Simanjuntak, pimpinan OPD dan para petani.

Bupati Tobasa, Darwin Siagian pada pertemuan itu juga  menyerahkan alat bantu pertanian kepada 2  kelompok tani yang ada di desa itu dan bibit tanaman dari Tim Penggerak PKK.

Bupati menyebutkan, bahwa  di Kabupaten Tobasa, pada tahun 2017 yang lalu, oleh Kementerian Pertanian, menargetkan tanaman jagung seluas 10 ribu hektar.

Diakui Bupati, namun  dalam perjalanan, Pemkab Tobasa melalui petani yang ada di Tobasa, hanya mampu melakukan penanaman jagung seluas 8000 hektar.

“Untuk tahun 2018, Kabupaten Tobasa ditargetkan 20 ribu hektar, untuk pertanaman jagung. Untuk mendukung program ini, Kementerian Pertanian akan memberi bantuan alat-alat pertanian,”ujar Bupati.

Pada tahun 2017, masih kata Bupati Tobasa, bahwa ada kegagalan penanaman jagung. Oleh karena itu, kita telah minta dinas pertanian agar meneliti, perihal penyebab kegagalan tanaman jagung  di Tobasa, ujarnya.

Untuk tanaman jagung yang gagal, lanjut Bupati, akan dibantu oleh Pemkab Tobasa, berupa pengelolaan lahan  dan memberikan bibit yang lebih baik lagi setelah diteliti.

Saat ini, ada 40 hektar lahan  milik masyarakat yang kembali dikelolah.

“Terkait bibit ini, Pemkab sangat serius meneliti hal ini, apakah karena bibit, penyebab kegagalan tanaman jagung itu. Kita tampung melalui APBD, terkait gagalnya tanaman jagung ini,” jelas Bupati.

Terkait saluran silambanua, yang saat ini dalam tahap pembangunan, Pemerintah tetap akan berusaha untuk segera bisa difungsikan. Sehingga kembali bisa mengairi areal persawahan yang ada di daerah yang menjadi aliran sungai tersebut.

Penulis: frengki. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan