HETANEWS

Pembangunan Command Center, Ini Fungsinya Kata Kadis Kominfo Asahan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Asahan, Rahmad Hidayat Siregar. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Program pembangunan command  center akan dicanangkan Pemkab  Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi dengan tujuan dan berfungsi  sebagai pusat sistem kendali untuk  mengendalikan, memantau,mengawasi  juga  menerima berbagai data serta sumber informasi berbasis tekhnologi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, Selasa (27/2/2018)  mengatakan,  untuk tahun 2018 ini, pihaknya akan mencanangkan program command center berbasis Informasi Teknologi (IT) yang rencananya dengan  konsep program pembangunan, berupa smart city, di Kota Kisaran.

Rencana konsep smart city yang   merupakan suatu konsep  sebagai upaya untuk menciptakan Kisaran menjadi kota cerdas, artinya dapat membantu berbagai hal tentang kegiatan masyarakat, terutama dalam membangun dan mengelola sumber daya yang ada secara efesiensi, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat mengakses berbagai sumber informasi yang belum didapat, ujar Hidayat. 

Masih dari Hidayat yang didampingi Kepala Bidang Informasi dan Teknologi, Zulkarnaian ,  adanya program commend center tersebut, maka pihaknya akan berupaya membangun fasilitas berupa pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) ditempat-tempat yang dianggap strategis, rawan laka lantas maupun rawan tindak kejahatan kriminal.

Lalu dengan adanya pemasangan CCTV, maka diharapkan dapat memudahkan  pihaknya untuk dapat membantu dalam memonitoring atau mengawasi situasi yang terjadi dilokasi tempat terpasang kamera CCTV. Baik itu, berupa informasi tindak kejahatan kriminal maupun terjadinya laka lantas ataupun informasi lainnya, ungkap  Kadis Kominfo ini .

"Program ini juga merupakan wujud kepedulian Bupati Asahan,  H Taufan Gama Simatupang untuk menuntaskan visi-misi  Pemerintah Kabupaten Asahan itu sendiri, “katanya lagi. 

Ditambahkannya, untuk pengerjaan pembangunan command center, pihak Dinas Kominfo untuk tahap awal akan mengalokasi anggaran sebesar Rp 760 juta melalui APBD Asahan tahun 2018 yang mana  anggaran tersebut rencananya dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur commend center. 

Selanjutnya  anggaran juga untuk perbaikan dan rehabilitas ruang metting/control, sekaligus penyediakan mobilernya dengan tujuann memudahkan, bila melakukan rapat dengan pihak-pihak yang tertentu maupun dengan stakeholder untuk menerima informasi atau memantau kondisi situasi kota.

Tujuannya command center ini, diharapkan dapat dibangun hubungan yang sinergi antara Pemkab Asahan dengan berbagai pihak, seperti kepolisian, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga  pihak-pihak terkait lainnya yang akan disinergikan dalam satu ruangan untuk menerima laporan masyarakat dan memantau kondisi keadaan kondisi kota Kisaran, ungkapnya. 

Penulis: heru. Editor: gun.