HETANEWS.COM

PTSP PN Simalungun Pastikan Pelayanan Prima pada Masyarakat Pencari Keadilan

Pengadilan Negeri Simalungun dengan PTSP nya , memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, bertujuan untuk mempermudah masyarakat pencari keadilan mengurus atau meminta surat keterangan dan lainnya.

Demikian dikatakan Humas PN Simalungun, Justiar Ronald, menjawab pertanyaan wartawan terkait PTSP yang sudah mulai disosialisasikan, di Pengadilan tersebut. Selain itu, menurut Justiar, PTSP juga mengurangi ruang lingkup pertemuan atau menutup pertemuan antara aparat penegak hukum dengan orang yang ingin berururasn perkara, seperti KKN dan suap atau lainnya.

PTSP yang mulai diterapkan di PN Simalungun, merupakan sisitem peradilan dari Mahkamah Agung yang mulai mengintruksikan semua pengadilan untuk menjalankan PTSP tersebut, jadi bukan hanya di PN Simalungun.

Beberapa pengadilan yang sudah menerapkannya atau sebagai pilot project one stop service adalah PN Jakara Pusat, dan mulai tahun 2018 diwajibkan seluruh pengadilan yang ada di Indonesia, menerapkan PTSP, jelas Justiar.

Ditambahkan Justiar, PTSP juga bertujuan untuk pelayanan prima dan terpadu dalam hal peningkatan akreditasi dengan pencapaian hasil cukup maksimal kepada masyarakat pencari keadilan yang datang ke pengadilan, baik itu jaksa maupun polisi.                

Pengamatan wartawan, di kantor PN Simalungun, meja petugas telah ditempatkan di bagian pintu masuk, yakni petugas yang membidangi umum, hukum, perkara pidana dan perkara perdata.

Seluruh urusan yang menyangkut setiap bidang, cukup berhadapan dengan petugas yang sudah ditentukan dan tidak ada lagi segala urusan apapun masuk ke ruangan-ruangan pegawai, sehingga semua urusan menjadi transparan dan terhindar dari praktik KKN, mudah dan praktis.                   

Demikian juga dengan jadwal persidangan perdata maupun pidana, pengadilan sudah membuat nomor antrian daftar tunggu. Sehingga para jaksa maupun kuasa hukum perkara perdata akan bersidang sesuai dengan nomor antri yang dipanggil melalui pengeras suara.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan