HETANEWS

Sinabung Meletus, Ini Aksi Nyata UKM KBM USI Bantu Korban

Anggota UKM KBM USI yang didominasi mahasiswi, tampak tengah menggalang dana di depan gerbang kampus USI. (foto/pranoto)

Siantar,hetanews.com - Aksi penggalangan dana untuk korban letusan gunung Sinabung, di Tanah Karo, dilakukan oleh sekelompok mahasiswa/i Universitas Simalungun (USI), Senin (26/2/2018).

Sikap simpati dan empati itu, berawal dari gagasan sekelompok mahasiswa/i dari berbagai jurusan, yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Budaya dan Musik (UKM KBM), yang merasa prihatin atas nasib warga pengungsi letusan gunung Sinabung, di Bumi Mejuah-juah.

Dengan potensi memainkan alat musik yang dimiliki anak-anak KBM, Tony Pranajaya tampak begitu semangat menabuh drum, diiringi alunan suara gitar yang dipetik Octa Rivaldy Sinaga dan suara merdu dari Yohanes Sianipar.

Ketiganya serentak memainkan musik tepat di depan tugu Radjamin Purba, sebagai penyemangat anggota KBM lainnya yang terlihat memegang sebuah kardus dan berdiri sambil menghimbau pengendara untuk menyisihkan uang mereka.

Spanduk penggalangan dana USI perduli Sinabung. (foto/pranoto)
 

Salah satu penggagas kegiatan ini, Basri Fransisco mengatakan, derita yang dialami korban letusan gunung Sinabung, merupakan derita bersama, dan mahasiswa sudah sepatutnya menunjukkan sikap empati serta peka terhadap sesama manusia.

“Intinya, mahasiswa itu harus lebih peka terhadap sesama, dan bukan hanya Sinabung. Tetapi juga persoalan yang lain, kita harus lebih perduli,”tandasnya.

Indra Saragih, yang juga anggota UKM KBM USI, mengajak masyarakat, khususnya pemuda di Siantar - Simalungun untuk berpartisipasi menyumbangkan dana ataupun barang-barang bekas, seperti baju ataupun buku-buku yang masih layak digunakan.

“KBM USI perduli Sinabung, bukan hanya kami, kita semua bisa menyumbangkan dana ataupun pakaian bekas dan buku pelajaran untuk anak-anak di sana,” papar Indra.

Kegiatan penggalan dana tersebut, rencananya akan dilakukan selama 14 hari, setelah jam perkuliahan mahasiswa selesai. Dana yang terkumpul nantinya akan diserahkan langsung oleh beberapa perwakilan anggota KBM USI kepada para pengungsi.

“Kita akan berangkat langsung kesana bang, untuk memberikan hasil donasi yang terkumpul. Beberapa perwakilan dari KBM akan berangkat ke Tanah Karo setelah aksi ini berakhir,” tutur Indra.

Seperti yang diketahui, pada 19 Februari lalu, gunung api Sinabung mengalami erupsi yang terbilang besar dibanding erupsi-erupsi sebelumnya. Dan terakhir kemarin erupsi terjadi 2 kali dengan suara gemuruh cukup keras.


Penulis: tim. Editor: gun.