HETANEWS

Paskah Nasional di Tano Batak, Tobasa

Wagubsu, Nurhajizah Marpaung saat foto bersama panitia Paskah Nasional 2018. (foto/frengki)

Tobasa, hetanews.com - Paskah Nasional di Tano Batak akan dilaksanakan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Bahkan, ini yang pertama kali dilaksanakan Paskah Nasional, di Provinsi Sumatera Utara dan yang pertama mendapat tuan rumah adalah Tobasa.

Seperti Paparan Ketua Panitia Paskah Nasional, Liber simbolon, bahwa acara perayaan Paskah Nasional 2018 akan digelar pada 12 April mendatang dan ditutup pada 15 April 2018. Dan direncanakan akan dihadiri sejumlah menteri. 

Paskah ini, lanjutnya,  digelar di 7 kabupaten kawasan Fanau Toba (Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Simalungun dan Karo) yang awalnya akan dibuka di Kabupaten Samosir, dan ditutup di Kabupaten Tobasa. Dimana setiap perwakilan daerah yang ada di Sumatera Utara akan mengikuti acara dan ikut ambil bagian setiap rangkaian acara Paskah Nasional nantinya, katanya. 

Perayaan Paskah Nasional yang terakhir tahun 2017 lalu, dipusatkan di Provinsi Sulawesi Utara dan tahun ini ditetapkan Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan Paskah Nasional Tahun 2018, tepatnya Kawasan Danau Toba.

Panitia Paskah mengambil Thema “Karya Terbesar”.  Saat Paskah Nasional XIII 2017 yang sukses diselenggarakan di Manado dan selanjutnya Paskah Nasional ke XIV 2018, berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara.

Sebelum acara ini, katanya, akan ada penyerahan obor, mulai pengarakan obor Paskah dari Danau Tondano Sulawesi Utara sebagai penyelenggara perayaan Paskah 2017 ke Danau Toba sebagai penyelenggara Paskah 2018.

Kirab obor Paskah Nasional “From Danau Tondano to Danau Toba”,  dengan melewati 25 kota , selama 40 hari. Panitia pelaksana, baik yang di Jakarta, Sumatera Utara dan Panitia Kirab Obor Paskah Nasional. Obor Paskah akan menjadi tontonan, antraksi wisata, bertepatan juga hari libur nasional yang akan disambut Gubernur Sumatera Utara dan umat non-kristen sebagai simbol keberagaman.

Wagubsu berharap agar peringatan Paskah nantinya, diilaksanakan secara terarah dan bernuansa keberagaman.

Selain mengadakan seminar, launching, obor dan lainnya agar tetap mengadakan olahraga dengan pakaian yang sama, sehingga akan menciptakan keharmonisan dan kekompakan. "Jangan lupa mengundang Tokoh-tokoh Batak dari Jakarta yang telah berhasil maupun yang belum berhasil. Disamping itu, karena acara adalah Nasional, agar benar - benar dirapatkan persiapannya termasuk 7 kabupaten di kawasan Danau Toba, pesan Wagubsu, Hj Nurhajizah Marpaung.

Penulis: frengki. Editor: gun.