Humbahas, hetanews.com - Kasus pencurian Kerbau di wilayah hukum Humbang Hasundutan (Humbahas) telah terjadi selama beberapa tahun terakhir dan belum dapat terungkap hingga saat ini.

Hal ini telah membuat keresahan ditengah-tengah masyarakat yang memiliki ternak kerbau.

Dalam hal ini, Kapolres Humbahas AKBP Muhammad R Dayan yang baru bertugas sejak sebulan terakhir merasa miris akan kejadian ini. Dirinya mengatakan, bahwa tidak terungkapnya kasus ini telah menciderai tugas pokok dan fungsi Kepolisian terutama di wilayah Polres Humbahas.

"Jelas sangat disayangkan bahwa kasus ini (pencurian kerbau) belum terungkap. Karena hal ini jelas menciderai tugas kami sebagai Kepolisian terutama di kawasan Polres Humbahas," ujarnya.

Lebih lanjut, Dayan mengatakan bahwa pihaknya akan secepatnya mengungkap kasus ini. Dirinya akan berusaha dengan berbagai cara dalam mengungkap dan menyelesaikan kasus tersebut.

Ketika disinggung upaya yang akan dilakukan, Dayan mengakui bahwa dirinya akan berencana mengupayakan pengadaan CCTV di 3 titik akses keluar masuk Kabupaten Humbahas, antara lain jalur Lintong-Paranginan, Pakkat dan Pollung.

Disamping itu dirinya juga akan memberikan apresiasi berupa hadiah sebesar Rp 10 juta terhadap anggota Kepolisian yang berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pencurian tersebut sebagai motivasi anggotanya untuk lebih cepat mengungkap kasus ini.

"Akibat geramnya atas kasus ini, saya sampai usulkan pengadaan CCTV di 3 titik akses jalur keluar masuk Humbahas, itu jalur Lintong-Paranginan, jalur Pakkat dan jalur Pollung," terangnya.

"Disamping itu, saya juga akan memberikan apresiasi kepada anggota yang berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pencurian kerbau ini. Supaya anggota kita lebih giat dan termotivasi untuk mengungkapnya," tambahnya.

Terakhir mantan Paminal Polda Sumatera Utara ini menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan lingkungan masing-masing untuk membantu mengungkap dan meminimalisir tindak kejahatan di tengah-tengah masyarakat.

"Tetap saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Hal ini untuk menciptakan keamanan dan meminimalisir tingkat kejahatan di tengah-tengah masyarakat," himbaunya.