HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Gubsu Ajak PWRI Terus Berkarya

Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan pataka pada Ketua PWRI, Hasban Ritonga. (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi melantik pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) periode 2017-2022.

Mantan Sekda Hasban Ritonga dilantik sebagai Ketua di aula Raja Inal Siregar, kantor Gubsu di Medan, pada Sabtu 24 Februari 2018.

Hadir antara lain Abdul Wahab Dalimunthe, Lundu Panjaitan, RE Nainggolan, Muchyan Tambuse, Nurdin Lubis dan undangan dan para pensiunan PNS (ASN) lainnya.  

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengucapkan selamat atas pelantikan dan selamat menjalankan tugas dengan mengemban amanah didalam kepengurusan PWRI," kata Erry.

Erry mengatakan, PWRI harus mampu berperan aktif dalam menjaga kekondusifan kerukunan antar suku dan ras serta agama, bahkan dapat menjaga keharmonisan di dalam masyarakat dari segala perbedaan yang telah dirasakan selama ini. 

Sehingga katanya, persatuan dan kesatuan tetap terjaga serta harus saling membantu  dan berpacu berbuat yang terbaik sesuai dengan disiplin ilmu pengetahuan dan pengalaman masing-masing sebelum pensiun demi bangsa dan negara Indonesia khususnya Sumatera Utara.

Selain itu, Erry mengharapkan, PWRI mampu untuk memberikan kontribusi positif dan dapat bekerja sama, untuk mewujudkan masyarakat Sumut yang adil dan makmur serta sejahtera.

"Kita ketahui bersama bahwa PWRI merupakan organisasi berhimpunnya para pensiunan PNS tentunya telah terbiasa mengabdikan dirinya tanpa mengenal waktu untuk selalu berbuat dan berbakti kepada bangsa dan negaranya, seperti ketika ia mendapat amanah sebagai birokrasi dan pejabat," ujarnya.

Begitu pula setelah memasuki masa purnabakti (pensiun), ia terus memberikan kontribusi berkarya dan berbuat untuk kemajuan bangsa dan negara. Inilah yang dilakukan PWRI.

Ketua PWRI periode 2017-2022, Hasban Ritonga mengatakan, PWRI  adalah organisasi yang telah ada sekisar Juli 1962 dan telah ada sampai tingkat Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan. Di mana pensiunan ASN yang telah bergabung di PWRI sudah mencapai 13.157 orang.

Hasban menghimbau, para pensiunan PNS tetap mengabdi kepada kepada bangsa dan negara sesuai ilmu pengetahuan dan pengalaman masing-masing. 

"PWRI ini memiliki potensi bermitra dengan pemerintah, terutama dalam memberikan saran dan masukan terkait kemajuan suatu daerah," ungkapnya.

Disamping itu, organisasi ini juga dapat sebagai wadah silaturrahmi. Dan diharapkan kedepannya, organisasi ini dapat membantu melakukan upaya-upaya untuk mensejahterakan PNS. 

"Jika PNS sejahtera maka tidak tertutup kemungkinan pensiun juga akan sejahtera. Untuk melakukan upaya tersebut bukan hanya butuh perhatian Gubsu semata melainkan  juga harus ada dukungan dari 33 Bupati dan Walikota lainnya se-Sumut," jelasnya.

Ketua Panitia Pelantikan, Nabari Ginting menjelaskan, maksud dan tujuan keberadaan PWRI untuk meningkatkan silaturahmi sesama anggota serta berharap agar komunikasi sesama anggota dapat ditingkatkan, dan kepada para purnabakti yang belum bergabung dapat segera masuk ke PWRI.

Penulis: ardiansyah. Editor: aan.