HETANEWS.COM

Ini Hasil Rekomendasi BKD Siantar Terkait Masalah Pengukuhan Pejabat

Siantar, hetanews.com - Beberapa waktu lalu, Komisi I DPRD Kota Siantar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) membahas pengaduan dari beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ini dikarenakan pengukuhan jabatan yang disebabkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 dan Perda Nomor 1 Tahun 2017.

Adapun kesimpulan atau rekomendasi dari Komisi I terkait RDP tersebut kata Ketua Komisi I Hotman Kamaludin Manik, ada 3 poin.

"Pertama BKD sudah mengetahui hasil rekomendasi dari KASN atas 13 orang pejabat eselon III dan 3 orang pejabat eselon II. Kedua BKD sudah membalas surat dari KASN, tetapi isi surat tidak menjawab rekomendasi KASN. Ketiga rekomendasi KASN yang menyangkut 13 orang agar mempedomani PP Nomor 18 Tahun 2016 dan Perda Nomor 1 Tahun 2017," sebut Kamaludin, Jumat (23/2/2018).

Ditanya setelah rekomendasi keluar apa yang akan dilakukan Komisi I, Kamaludin menyebutkan menunggu arahan dari Ketua DPRD. "Selanjutnya kita serahkan kepada pimpinan," katanya.

Sebelumnya dalam RDP itu juga diketahui,  bahwa Pemko Siantar ternyata menolak menjalankan amanah KASN yang merekomendasikan pengembalian ke jabatan semula sejumlah pejabat ASN yang tidak ikut dilantik beberapa waktu lalu.

Seperti diinformasikan beberapa ASN yang tidak dilantik itu di antaranya Rumondang Sinaga, Jan Piter Sitorus dan Robert Pangaribuan. Sebelumnya, ketiganya menjabat pejabat eselon II di beberapa OPD di Pemko Siantar. 

Belakangan, tak terima karena tidak ikut dilantik, para ASN ini mengadu ke KASN. Sebab menilai sesuai PP Nomor 18 Tahun 2016  sebagai pejabat eselon II mereka harus kembali dikukuhkan pada jabatan lama.

Namun, pada pengukuhan pejabat Jabatan Tinggi Pratama (JTP) yang digelar pada Maret 2017 lalu, ketiga ASN tersebut dicopot. Kedudukan mereka malah digantikan pejabat baru.

Penulis: tom. Editor: aan.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!