Labuhanbatu, hetanews.com - Melihat tingginya semangat Tim Penggerak PKK Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat, dalam menciptakan hasil karya berupa produk Usaha Kecil Menengah (UKM), Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, Siti Awal Pangonal Harahap, berjanji akan terobos link pemasaran atas hasil UKM tersebut. 

"UP2K PKK ini sangat membantu perekonomian dan keuangan keluarga, saya sangat bangga. Mengenai pemasarannya, kemarin ada supermarket yang baru di resmikan Al-Uois Mart 212, bisa nanti kita coba pasarkan di sana" ungkap Siti Awal Pangonal pada kunjungan supervisi tertib administrasi di Kantor Kepala Desa setempat, Selasa (20/2/2018) sore.

Untuk itu, isteri Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap ini terus memberikan suport dan motivasi kepada seluruh Kader PKK khususnya di Desa Kampung Baru, Kecamatan Bilah Barat, agar terus berkarya dan menciptakan produk baru yang nantinya dapat diminati masyarakat, serta mampu menjadi penghasilan sampingan untuk keluarga. 

"Saya menyadari, setelah 3 tahun masa pemerintahan pak Bupati, baru kali ini kegiatan PKK dilaksanakan di desa ini. Saya usahakan setiap ada acara PKK langsung turun ke Desa/Kelurahan di Labuhanbatu, 9 Kecamatan yang dikunjungi semoga PKK semakin baik kedepan dan bermanfaat bagi masyarakat" harap Siti Awal. 

Bunda PAUD Labuhanbatu ini berpesan kepada Camat dan Kepala Desa, untuk dapat mendukung para isteri sebagai TP PKK yang bekerja dengan tulus tanpa pamrih demi kemajuan kaum perempuan di wilayah masing-masing.  

Melanjutkan prospek cemerlang, Siti Awal dalam konsep pemasaran produk usaha kecil menengah dimaksud, Kabid Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Labuhanbatu, Kamsiah menambahkan, pihaknya juga akan mendukung terciptanya kerjasama antara PKK dengan perusahaan retail di Labuhanbatu. 

"Seperti kata ibu ketua, kami melalui Disperindag juga akan melakukan koordinasi dengan sejumlah perusahaan, seperti Brastagi supermarket, Suzuya, dan juga Al-Uois Mart 212, kita akan lakukan kerjasama secara kontrak, nanti coba kami upayakan terobosannya" ungkap Kamsiah. 

Di sisi lain, urainya, dalam pemasaran produk tersebut nantinya, juga dibutuhkan beberapa langkah lain berupa, penyertaan status halal serta kode produksi dan batas ambang penyajian/kadaluarsa, sehingga produk yang dipasarkan juga tidak menimbulkan masalah kedepan. 

Sementara, Kades Kampung Baru, Ahmad, mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim supervisi yang langsung dipimpin Ketua TP PKK Labuhanbatu, Siti Awal Pangonal Harahap. Atas kehadiran itu pun, Ahmad berharap seluruh kader PKK di Desa setempat dapat lebih dikenal di tingkat Kabupaten. 

"Kehadiran ibu semoga menjadi rahmad dan menambah semangat buat ibu-ibu PKK untuk melaksanakan program PKK. Dengan pengalaman saya yang sangat minus ini, karena baru aktif selama 2 minggu, kami tentunya membutuhkan arahan dan bimbingan ibu Ketua PKK Kabupaten Labuhanbatu saat ini untuk dikembangkan kedepan," ujarnya. 

Sementara Ketua PKK Desa Kampung Baru Mesdeliana Ahmad menyampaikan, dalam rangka meningkatkan mutu UP2K PKK di desa setempat, pihaknya hingga saat ini masih terus melakukan peningkatan, serta inovasi baru dalam menciptakan hasil kerajinan berupa pemanfaatan tanaman holtikultura seperti pisang, ubi dan sejenisnya. 

"Itu tetap kita upayakan, serta keberhasilan yang telah dicapai dalam rangka peningkatan pengetahuan tentang manfaat UP2K PKK meningkatkan ilmu dan wawasan juga untuk membantu perekonomian keluarga. Saya berharap, hendaknya para kader dapat diberikan bekal yang lebih baik dan cukup, melalui pelatihan dari PKK Kabupaten Labuhanbatu, sebagai wujud terciptanya kader yang berkualitas menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera," tutup isteri Kades Kampung Baru ini.