HETANEWS.COM

Jurnalis Deklarasi Pemberitaan Damai dengan Polres Labuhanbatu 

Kapolres AKBP Frido Situmorang foto bersama Satwar Pemkab Labuhanbatu. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Polres Labuhanbatu menggelar deklarasi pemberitaan damai bersama seluruh insan pers se Kabupaten Labuhanbatu Raya, Selasa (20/2/2018) malam di Gedung Serbaguna Polres setempat.

Acara yang diadakan dengan pembacaan ikrar dan penandatanganan dalam pemberitaan secara independen dan berimbang  serta anti hoax ini dibacakan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu, Neurul Nizam Amru, Ketua Media Center Polres Labuhanbatu Ucok Bani dan Satwar Pemkab Labuhanbatu Ahmad Efendi Harahap

Dalam deklarasi damai itu setidaknya ada 5 poin yang disepakati. Antara lain, mendukung dan menyukseskan pemilu damai Pemilihan Gubernur Sumatera Utara tahun 2018 dengan mengedepankan kode etik jurnalistik, menjaga kondusifitas pemberitaan dan tidak terprovokasi isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada semua sahabat pers yang hadir perwakilan dari masing-masing se Kabupaten Labuhanbatu Raya.

"Pada kesempatan ini, (saya berharap) secara keseluruhan Labuhanbatu Raya, tetap aman dan kondusif. Ini tidak terlepasnya dari dukungan teman-teman media dalam penyampaian dan perkembangan situasi jelang Pilgubsu tahun 2018," jelasnya.

Kapolres menjelaskan, wartawan dan pihak Kepolisian juga sudah membentuk satuan y?tugas (satgas) nusantara, yang khusus untuk menangani berita hoax, yang dapat merusak dan dapat memicu suasana tidak kondusif.

"Harapan kami dalam perkembangan zaman ini, marilah kita seluruh insan pers baik itu media cetak, media elektronik dan online sangat berperan penting untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Saya juga yakin teman-teman semua adalah jurnalis yang profesional yang mengedepankan kode etik pers seperti tertuang dalam UU Nomor 40 tahun 1999," tandasnya.

Dirinya mengajak seluruh pihak terkhusus insan pers untuk bekerjasama dalam menjaga dan berperan aktif untuk Kabupaten Labuhanbatu Raya.

"Ini tidak terlepas dari kerja sama organisasi wartawan dari PWI, IJTI dan seluruh organisasi wartawan lokal. Mari kita sajikan informasi pemberian yang mengedepankan independen jelang Pilgub 2018 dan saling mendukung," tuturnya.

Secara terpisah, Ketua Media Center Polres Labuhanbatu Ucok Bani bersama Ketua PWI Labuhanbatumenyadari, memasuki Pilgubsu ini kental dengan isu SARA dan politik uang. 

"Di sini kita diharuskan dapat menyajikan berita yang berimbang. Kami wartawan akan berusaha menyampaikan informasi yang sebenarnya dan berimbang," ungkapnya.

Di tempat yang sama juga dikatakan Ketua IJTI, Fachrizal Lubis bersama Ketua Satwar Pemkab Labuhanbatu Ahmad Efendi Harahap sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Polres Labuhanbatu.

"Kami dari insan pers, ingin pelaksanaan Pilgubsu tahun 2018 berjalan secara damai. Harapan kita mari jaga pemberitaan berimbang, sehingga informasi yang disajikan tidak memprovokasi," tukasnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut pejabat teras Polres Labuhanbatu, PWI, IJTI, Media Center Polres Labuhanbatu, Satwar Pemkab Labuhanbatu dan organisasi lainnya.

Penulis: fendi. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!