HETANEWS

Permatan dan Karang Taruna Humbahas Lakukan Penghijauan di Baktiraja

Aksi penghijauan yang dilakukan Karang Taruna bersama Permatan di Kecamatan Baktiraja.

Humbahas, hetanews.com - Persatuan Mahasiswa Humbang Hasundutan (Permatan) dan Karang Taruna Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan kegiatan penghijauan di kawasan Danau Toba yang merupakan daerah wisata alam dan wisata penuh sejarah di Kecamatan Baktiraja, akhir pekan lalu.

Dalam pelaksanaan penghijauan ini, ada 3 jenis yang menjadi pokok kegiatan yakni aksi pencabutan paku, pembersihan lokasi wisata dan penanaman pohon.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Permatan dan Karang Taruna sebagai putra/putri Kabupaten Humbahas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut staflf dari Dinas Pariwisata, Dinas Kebersihan, Sekcam Baktiraja, Karang Taruna Humbahas dan para anggota Permatan.

Ketua Permatan, Edwin Tamba menuturkan, Kabupaten Humbahas memiliki potensi Sumber Daya alam (SDA) yang dapat dikembangkan di berbagai sektor, seperti pertanian, peternakan, perkebunan, pertambangan dan energi, perhubungan, parawisata dan lainnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Doloksanggul, Jonathan Sihite.

"Memang kita berfokus di sektor pariwisata. Di mana kita ketahui bahwasanya sektor parawisata belum mendapatkan penanganan maksimal dari pemerintah daerah. Sehingga para turis atau wisatawan lainya belum begitu melirik objek wisata kita. Maka lokasi yang akan menjadi sasaran kita adalah Baktiraja," ujar Edwin.

Menurut Edwin, lokasi yang cocok untuk memajukan pariwisata di Humbahas adalah Kecamatan Baktiraja. 

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Kecamatan Doloksanggul, Jonathan Sihite mengatakan, kekayaan dan keindahan alam Kecamatan Baktiraja sudah mulai tercemari akibat dari kurangnya kesadaran masyarakat pada kebersihan lingkungan.

"Daerah Baktiraja memiliki kekayaan akan keindahan alam yang sangat indah. Tetapi akibat dari para oknum masyarakat yang kurang sadar akan lingkungan yang mengakibatkan Baktiraja mulai tercemari," tandasnya.

Dia mencontohkan dengan banyaknya tumpukan sampah plastik di sepanjang jalan dan baliho-baliho usang yang masih tertancap di setiap pohon.

Kegiatan penghijauan yang dilaksanakan Permatan dan Karang Taruna Doloksanggul.

"Tentu hal-hal seperti ini dirasa perlu untuk dicegah agar terhindar dari penumpukan sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, dan kerusakan lingkungan," sebut Jonathan.

Dengan adanya kegiatan ini, Jonathan berharap pemerintah dan masyarakat agar lebih memerhatikan keindahan alam tersebut.

Sementara itu, Alex Munthe sebagai Koordinator Kegiatan mengatakan, aksi pencabutan paku dimaksud sebagai bentuk kritikan bagi para oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menempelkan iklan atau poster-poster di daerah itu.

"Setiap paku yang menempel di batang pohon ini tentu sangat merusak pemandangan dan sangat merugikan bagi pertumbuhan pohon tanaman. Kita lakukan akai sebagai kritikan bagi para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menempelkan iklan atau poster-poster di batang pohon tersebut," ungkapnya.

Penulis: jonathan. Editor: aan.