HETANEWS

Pangonal Harahap Minta Pembangunan di Desa dan Kecamatan Jadi Prioritas

Plt Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih saat menyerahkan santunan Korpri kepada salah seorang ASN yang memasuki Purna Tugas. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Seluruh usulan pembangunan di Desa/Kelurahan dan Kecamatan harus dijadikan prioritas, serta dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Demikian pidato Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap yang disampaikan Plt Sekdakab, Ahmad Muflih, Senin (19/2/2018).

Upacara Gabungan kelompok 1 dan 2 yang digelar di halaman Diklat Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Labuhanbatu itu, Bupati menegaskan, dengan tugas dan tanggung jawab pemerintah yang demikian luas, serta tuntutan sebagai pelayan masyarakat yang sedemikian rupa di era keterbukaan saat ini, mengharuskan berupaya mencapai perbaikan, agar terbangunnya pemerintah yang responsif dan tertib dalam penyelenggaraan pemerintah

"Karena itu berbagai program atau kegiatan yang sedang berjalan harus dikelola dengan baik dan benar serta memenuhi akuntabilitas. Dari keadaan ini, saya mengingatkan kembali kepada seluruh organisasi perangkat daerah pengelola program dan kegiatan untuk menyusun perubahan APBD tahun 2018, baik yang sifatnya fisik maupun non fisik," sebut Ahmad Muflih. 

Kata Sekda, hal itu juga telah dijelaskan sebagaimana ketentuan yang tertuang dalam peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Pada tahun 2018 ini, kita telah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), untuk melaksanakan program E-perencanaan yang dimulai dengan rembuk warga dilanjutkan dengan pada tingkat Desa/Kelurahan. Pada bulan Februari 2018 ini juga telah di lakukan musrenbang pada tingkat kecamatan" bilangnya. 

Lanjutnya, aplikasi ini pun diawasi KPK, di mana, Musrenbang tahun ini telah menggunakan aplikasi komputer. Di mana dasarnya semua usulan harus diinput melalui aplikasi dimaksud dan langsung online ke organisasi perangkat daerah sesuai dengan usulan dari rembuk warga, ataupun nantinya dari usulan Desa/Kelurahan di Labuhanbatu.

Untuk itu, kembali ditegaskan, agar seluruh usulan pembangunan di Desa/Kelurahan dan Kecamatan hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya. Serta menjadi prioritas dalam pelaksanaannya untuk memenuhi kepentingan masyarakat Labuhanbatu. 

"Saya minta kepada semua aparatur Pemkab Labuhanbatu agar senantiasa bekerja secara sungguh-sungguh dan mengambil peran sekecil apapun yang dapat memberikan kontribusi melalui kekuatan, semangat etos kerja yang tinggi dengan selalu menempatkan kepentingan tanggung jawab di atas kepentingan lainnya" terang Sekda.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Muflih beserta Kepala Cabang PT Taspen Siantar, Kartiman Slamat menyerahkan pensiunan pertama dan Tabungan Hari Tua kepada 7 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan dana berkisar Rp 50-70 juta per orang.

Juga penyerahan santunan Purna Tugas dan Kemalangan dari Anggota Korpri Kabupaten Labuhanbatu untuk bulan Februari 2018 sebanyak 19 orang, terdiri dari 16 orang purnabakti dan 3 orang kemalangan, masing-masing menerima Rp 15 juta.

Penulis: fendi. Editor: aan.