HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

Tebar Hijab oleh SMP Islam Al-Amjad 

Aksi tebar hijab yang dilaksanakan SMP Islam Al-Amjad. (foto/ardiansyah)
Medan, hetanews.com - Dalam rangka memperingati Hari Hijab Sedunia, siswa SMP Islam Al-Amjad Medan menggelar aksi simpatik Tebar Hijab.

Aksi pembagian hijab dan edukasi terhadap hijab ini mengambil tempat di persimpangan Jalan Gagak Hitam (Ringroad) dengan Jalan Merak-Amal, Medan, Rabu (14/2/2018).

Pengumpulan hijab yang dilaksanakan di kalangan internal SMP Al-Amjad sejak awal Februari 2018, terkumpul lebih dari 1.200 buah hijab. 

Selain dibagikan pada pengguna jalan, sekitar 500 buah akan disalurkan melalui lembaga penyalur hijab yang mempunyai kegiatan rutin membagikan hijab yakni Hijab Dhuafa dan MOS Club Deli Serdang.

Ketua Pengurus Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Fadhullah menjelaskan, ada dua sasaran yang ingin dicapai dalam aksi amal ini. 

Pertama, mengedukasi dan mengajak muslimah yang belum berhijab untuk menutup aurat melalui pembagian hijab di jalan raya yang dilakukan secara langsung oleh anggota OSIS dan guru-guru SMP Al-Amjad. 

"Kedua adalah untuk memberikan bantuan bagi orang-orang yang sudah berhijab atau ingin berhijab namun terkendala materi untuk membeli hijab. Khusus untuk sasaran yang kedua ini, SMP Al-Amjad bekerja sama dengan lembaga yang memiliki program penyaluran hijab," katanya.

Fadhullah mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pernyataan sikap pelajar SMP Islam Al-Amjad yang mencoba mengalihkan Perayaan Valentine yang jatuh pada 14 Februari menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan Islami.

"Ini salah satu cara agar remaja muslim, khususnya siswa-siswi SMP kami, lebih fokus pada perayaan yang lebih Islami. Jadi dengan satu kegiatan, kita membentuk pola pikir yang lebih Islami bagi siswa, memunculkan kesadaran beramal bagi siswa dan orang tua, mengedukasi masyarakat tentang hijab dan berdonasi bagi yang membutuhkan," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini sudah pernah dilakukan dalam momentum yang sama pada tahun lalu. Melihat respons yang positif dari siswa, orang tua dan masyarakat, kegiatan ini rencananya akan dijadikan kegiatan rutin tahunan.

Kegiatan Tebar Hijab ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara memperingati Hari Hijab Sedunia yang diselenggarakan SMP Al-Amjad pada Sabtu 10 Februari 2018, dengan talkshow bertajuk “Ngeteh (Ngobrol tentang Hijrah) Yuk!” dan telah dilaksanakan dengan mengundang psikolog dan aktivis dari Mahabbah Medan.

Hari Hijab Sedunia sendiri merupakan sebuah gerakan yang muncul dari inisiatif Nazma Khan, seorang muslimah di Amerika Serikat (AS), yang muncul akibat banyak diskriminasi terhadap muslimah berhijab di AS. Kegiatan solidaritas ini kemudian ramai dirayakan oleh muslimah di negara-negara lain setiap tahunnya. 

Di Indonesia, termasuk di Medan, pembagian hijab sering diselenggarakan pada 14 Februari, sebagai gerakan nasional untuk mengajak perempuan muslim untuk berhijab.

Penulis: ardiansyah. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan