Ini Pengundian Nomor Urut Pilkada Taput

Pengundian nomor urut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Taput. (foto/medansatu.com)

Taput, hetanews.ocm - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), melakukan pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (13/2/2018), di Sopo Partungkoan Tarutung.

Dalam pelaksanaan pengundian nomor urut tersebut, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Chrismanto Lumbantobing dan Hotman Hutasoit dari perseorangan atau independen mendapatkan nomor urut 3.

Kemudian Paslon Bupati dan Wakil Bupati Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat dan Frengky Pardamean Simanjuntak yang diusung dari Parpol Gerindra, Hanura, PKPI dan Demokrat, mendapatkan nomor urut 2.

Sementara Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nikson Nababan dan Sarlandy Hutabarat yang diusung dari Parpol PDIP, Golkar, Nasdem, PKB dan PAN mendapatkan nomor urut 1.

Ketua KPUD Taput, Rudolf Sirait berharap agar Paslon menghargai serta mematuhi peraturan dan perundang-undangan. Menurutnya, suksesnya Pilbup ini bukan hanya di tangan KPUD, namun semua penyelenggara, masyarakat pemilih dan juga para pendukung calon.

“Semoga Pemilihan ini berjalan dengan baik. Salah satu yang memicu konflik adalah tahapan kampanye, untuk itu kita akan membuat kesepakatan dengan seluruh calon, misalnya penempatan alat peraga yang bukan pada tempatnya. Mari kita menghargai seluruh proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Taput ini hingga selesai,” katanya.

Sementara Komisioner KPUD, Barisman Panggabean menjelaskan, kegunaan dari pengundian nomor urut ini adalah untuk mencetak surat suara. Kemudian, digunakan sebagai alat peraga pada saat kampanye dan saat pemungutan suara di TPS nanti.

Calon Bupati Taput nomor urut 2, Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat mengharapkan dan menginginkan pemilihan ini berlangsung dengan aman dan tenteram.

“Kepada semua calon, mari kita berpolitik secara sehat. Kita juga harus siap menang dan siap kalah,” tegas Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat yang juga mantan Kapolres Taput ini.

Hal senada, Calon Wakil Bupati Frengky Pardamean Simanjuntak mengatakan, semua pasti ingin menang namun Tuhan yang menentukan, bagi yang menang dan kalah agar dapat menerima. “Kita harus bersatu untuk memajukan Kabupaten Tapanuli Utara,” ucap Frengky Simanjuntak.

Sementara Arthur Simanungkalit dari Panwaslih Taput mengimbau agar 3 paslon ini bertanding sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang telah ditetapkan dalam merebut hati masyakarat pemilih.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Taput diwakili Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen mengatakan, pihaknya siap mengawal proses Pilkada ini hingga selesai. Juga meminta kepada paslon agar mengedukasi masyarakat dengan program-program yang menyentuh dan membantu masyarkat.

“Kami sepakat Kamtibmas harga mati. Kita minta seluruh penyelenggara agar bersikap netral. Kami juga mengajak insan pers untuk menjaga kekondusifan di Taput. Saya minta relawan para Calon bersama-sama menjaga kekondusifan, kalau bisa jangan sampai terjerat hukum,” tegas Kapolres.

 

 

 

 

sumber : medansatu.com

Penulis: -. Editor: Aan.