Sun 19 Aug 2018

Soal Pilgubsu, Tokoh Masyarakat : JR Saragih Kembali Diuji Menuju Kemenangan

Siantar, hetanews.com- Dicoretnya nama Jopinus Ramli Saragih-Ance Selian (JR-Ance) dari daftar Calon Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018-2023 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara (Sumut), menyisahkan kekecewaan mendalam bagi para pendukung Semangat Baru Sumut, termasuk tokoh masyarakat Simalungun.

Dihubungi via telepon seluler, Kadim Damanik yang merupakan tokoh masyarakat sekaligus pendukung setia pasangan JR-Ance, mengaku ikut bersedih dan prihatin terhadap situasi tersebut.

Menurut Kadim, untuk kedua kalinya pria yang akrab disapa JR Saragih itu kembali menerima cobaan, untuk menuju kemenangan di tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Kata Kadim, merujuk pada Pilkada Bupati Simalungun pada tahun 2016 lalu, JR Saragih juga mengalami hal yang sama, yakni dicoret oleh KPUD, namun pada akhirnya dapat membuktikan diri sebagai pemenang.

"Saya ikut menangis mendengar JR Saragih tidak lolos. Namun ini bentuk ujian buat masyarakat dan JR Saragih. Ingat Pilkada tahun 2016, JR Saragih pemenangnya," ujarnya, Selasa (13/2/2018).

Ia menambahkan, menghimbau kepada seluruh pendukung setia JR-Ance, untuk tetap menjaga situasi kondusif dan terus memberikan dukungan moril kepada JR Saragih.

"Mari tetap kita jaga suasana nyaman dan aman, dan berikan dukungan moril dalam bentuk doa maupun harapan, agar JR Saragih tetap menunjukkan sikap penuh semangat memperoleh keadilan," pungkas Pengurus Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Siantar ini.

Sementara itu, simpatisan Semangat Baru Sumut yang ditemui hetanews.com, Selasa (13/2/2018) menilai keputusan KPUD Sumut belum dapat diterima akal sehat. Pasalnya persoalan administrasi yang disebut-sebut kendala JR Saragih, sebelumnya sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

"Kalau katanya ijazahnya enggak sah, kenapa bisa jadi Bupati 2 periode. Saya pikir ini sesuatu yang aneh. Keputusan KPUD perlu dipertanyakan," tutur Asren Sitomorang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejauh ini pihak JR-Ance dikabarkan tengah mengajukan gugatan kepada Badan Pengawas Pemilu Sumut. Ini terkait surat keputusan KPUD yang tidak meloloskan JR-Ance sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023.

 

Penulis: tim. Editor: aan.