Fri 16 Nov 2018

Kunker di Sijamapolang, Bupati Humbahas Sosialisasi Program Tanaman Jagung

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor bersama warga Desa Sibuntuon, Kecamatan Sijamapolang, Senin (12/2/2018) lalu. (foto/jonathan)

Humbahas, hetanews.com - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, melakukan kunjungan kerja (kunker), di desa Sibuntuon, Kecamatan Sijamapolang, Senin (12/2/2018) lalu. Kunjungan ini dilakukan Bupati Dosmar Banjarnahor, untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Bupati, bersama dengan Parulian Simamora, Anggota DPRD Humbahas, beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), disambut dengan ramah oleh masyarakat desa Sibuntuan. Selanjutnya Bupati berdialog dengan para perangkat desa dan juga masyarakat desa Sibuntuon.

Dalam kesempatan ini, Bupati mengajak mayarakat Sibuntuon untuk bersama pemerintah mensukseskan pertanaman jagung yang sedang digalakkan pemerintah.

Dosmar  juga mengajak aparat desa, khususnya Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) untuk secara aktif mencari permasalahan yang dialami para petani, di desa masing - masing dari rumah ke rumah. Bupati juga meminta agar PPS secara aktif, mendata luas lahan masyarakat yang siap digunakan pada program pertanaman jagung ini.

Masyarakat Sibuntuon, merespon baik rencana pertanaman jagung Pemkab Humbahas. Masyarakat sudah siap mengikuti program ini. Pada kesempatan ini juga, masyarakat  menyampaikan secara langsung kepada Bupati usulan pembangunan yang dibutuhkan, di desa Sibuntuan. Seperti perbaikan jalan masuk ke desa Sibuntuon.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Humbahas, disampaikan bahwa Pemerintah sudah menganggarkan hotmix jalan Bonandolok ke Sibuntuon sepanjang  1000 meter untuk tahun 2018 ini. Disampaikan juga, beberapa proyek pengerjaan yang lain yang akan dilaksakan di desa Sibuntuon dan juga di kecamatan Sijamolang.

Bupati juga menyoroti tentang penggunaan dana desa agar pada setiap penggunaanya harus terlebih dahulu melalui musyawarah desa.

“Dana desa digunakan harus melihat prioritas terlebih dahulu. Jangan kita membuka jalan ke lading, padahal jalan ke desa kita saja belum baik,”tutur Bupati.

Sekaitan dengan hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDP2A), Eben Vandeik Simanungkalit, membenarkan  bahwa penggunaan dana desa harus menyasar kepada hal-hal yang paling sering digunakan oleh masayarakat. 

Setelah berdiskusi dengan masayarakat desa Sibuntuon, Bupati Dosmar, bersama angota DPRD Humbahas, Parulian Simamora didampingi OPD, kemudian juga mengunjungi desa Sigulok.

Di desa ini, Bupati juga berbincang dengan masyarakat. Bupati meninjau proyek pembangunan yang sudah selesai di desa Sigulok dan juga berdialog dengan masayarakat desa, mendengar secara langsung permasalah yang dihadapi oleh masayarakat di desa Sigolok.

Bupati Dosmar Banjarnahor juga mengajak mayarakat desa Sigulok untuk bersama mensukseskan program pemerintah bertanam jagung.

Penulis: jonathan. Editor: gun.