Sun 19 Aug 2018

Ini Penjelasan Sekwan, Soal Mobil Sekretariat DPRD di KPU Sumut saat Pendaftaran Calon Gubsu

Mahadin Sitanggang.

Siantar, hetanews.com - Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kota Siantar saat ini sedang meminta klarifikasi kepada Sekertaris Dewan (Sekwan) Siantar, Mahdin Sitanggang, terkait temuan dari Bawaslu Sumut, adanya mobil sekertariat DPRD Kota Siantar yang berpelat merah pada saat pendaftaran calon Gubsu, di KPU Sumut. 

Sekwan Kota Siantar, Mahadin Sitanggang yang dimintai klarifikasi oleh wartawan, membenarkan hal tersebut. Namun dia membantah, jika mobil tersebut digunakan untuk mengantarkan salah satu calon.

"Mengantarkan dalam artian, seperti apa dulu, kalau misalnya kebetulan lewat atau kebetulan ada orang menumpang di mobil itu dan minta diantarkan ke situ, apakah itu disebut mengantarkan?," ucapnya. 

Dijelaskan, bahwa hal tersebut berdasarkan temuan dari Bawaslu dan hal inilah menjadi dasar Panwaslih Kota Siantar, meminta klarifikasinya.

Mahadin menyebutkan, mobil tersebut digunakan oleh Ketua DPRD Kota Siantar, Maruli Hutapea ke Medan untuk menanyakan proses pelantikan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus kepada Biro Otonomi Daerah (Otda) Provsu.

"Benar, sudah ditanya, apakah mobil berpelat BK 102 NR itu milik sekertariat DPRD, benar itu milik sekertariat DPRD, yang dipakai oleh Ketua DPRD.  Terus ditanya, apakah kalian tahu mobil itu dipakai untuk mengantarkan salah satu calon? Memang pada saat itu, ketua DPRD ada SPT (Surat Perintah Tugas) ke biro Otda untuk menanyakan soal pelantikan Wakil Wali Kota, nah kita engga tahu, apakah karena bersamaan di jalan atau parkir di KPU, kita engga tahu, yang pasti berangkat ke Biro Otda, "jelas Mahadin ketika ditemui wartawan, di DPRD Kota Siantar, Selasa (13/2/2018). 

Mahadin membantah, bahwa dirinya dipanggil Panwaslih. Sebab menurutnya, berdasarkan surat dari Panwaslih yang dipanggil hari ini adalah supir dari mobil tersebut. "Bukan saya yang dipanggil tetapi supir, karena suratnya meminta klarifikasi kepada supir, bukan saya, "ucapnya. 

Mahadin juga membenarkan penaggilan awal sudah dilakukan oleh Panwaslih kepada sekertariat DPRD. "Memang pertama yang datang itu bagian umum, bukan saya, "katanya.

Penulis: tom. Editor: gun.