Wed 17 Oct 2018

Dinas Pendidikan DKI Didesak Legalisir Ijazah JR Saragih

Pasangan Cagub Cawagub Sumut JR Saragih dan Ance Selian saat mendaftar ke KPU beberapa waktu lalu

Jakarta, hetanews.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, menanggapi tak lolosnya pasangan Jopinus Ramli Saragih dan Ance Selian di pilgub Sumatra Utara karena persoalan ijazah. Ia mendesak Dinas Pendidikan DKI Jakarta agar memberikan legalisir ijazah SMA JR Saragih.

"Masih diberi kesempatan, biasanya tiga hari. Masih ada kesempatan dua hari lagi, bisa juga tunjukkan hasil legalisir secara benar. Karena Dinas Pendidikan DKI punya kewajiban legalisir manakala benar adanya. Makanya Dinas Pendidikan harus legaslisir," kata Agus di gedung DPR, Selasa 13 Februari 2018.

Menurutnya, kalau Dinas Pendidikan tak memberikan legalisirnya maka sama dengan melanggar kewajibannya. Sehingga memiliki konsekuensi hukum. Ia yakin JR Saragih memiliki ijazah yang asli.

"Walaupun memang sekarang harus dituntut legalisir yang baru. Sekolahnya sudah enggak ada lagi, sehingga itu tentu yang harus bertugas adalah dari Dinas Pendidikan terkait. Namun Dinas kelihatan lebih mempersulit sehingga proses legalisir terkendala," kata Agus.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Daerah Sumatra Utara membatalkan pasangan calon JR Saragih-Ance untuk maju bertarung di pemilihan gubernur Pilkada Sumut. 

Namun KPUD Sumut akhirnya mencoret pasangan calon ini karena dinilai tidak memenuhi persyaratan, sebab legalisir ijazah milik JR Saragih bermasalah dan tidak diakui oleh Dinas Pendidikan. 

 

sumber : viva.co.id

Penulis: -. Editor: sella.