Fri 17 Aug 2018

Dideklarasikan, Ini Tujuan Berdirinya Fokrat

Foto bersama usai deklarasi Fokrat.

Medan, hetanews.com - Forum Keadilan Masyarakat Tani (Fokrat) melakukan kegiatan deklarasi yang berlangsung di Kantor Fokrat  Jalan Sisingamangaraja Km 10 Komplek Perumahan Oma Deli Blok B No 60 (Jalan Paris Raya) belakang Mapoldasu, Medan, kemarin.

Kegiatan itu dihadiri masyarakat, sejumlah kelompok tani (koptan), elemen mahasiswa dan sebagainya. 

Tujuan pendirian Fokrat ini untuk terwujudnya kedaulatan dan kesejahteraan petani yang dilandasi prinsip nilai-nilai kemanusian, keadilan dan ketuhanan dan menerapkan supremesi hukum khusunya reformasi agraria.
 
Dalam kegiatan deklarasi banyak masyarakat dan kelompok tani yang mengeluh tentang tanah mereka 'dirampok' pihak PTPN. Padahal tanah itu milik masyaarakat di daerah tersebut, tetapi saat ini sudah dikuasai PTPN. 

Salah satu Koptan dari daerah Deli Tua menyampaikan kepada Fokrat agar mau membantu dan mengembalikan kembali hak tanah graria dan tanah ulayat di daerah mereka bukan dirampas secara terpaksa.

Ketua Umum Fokrat, Tonggam Gultom menyampaikan, agar bekerja bersama-sama duduk dan berjuang untuk merebut kembali hak tanah wilayat dan agraria.

"Karena negara tidak bisa hidup jika tak ada rakyat dan petani. Maka dari itu petani harus diutamakan di negara dan di Republik Indonesia," tukasnya.

Lanjutnya, visi Fokrat adalah terwudnya kedaulatan dan kesejahteraan petani yang dilandasi prinsip nilai-nilai kemanusian.

Sementara misinya melakukan penelitian, kampanye dan advokasi kebijakan yang melindungi kepentingan petani secara adil di Indonesia.

Melakukan penguatan terhadap petani agar terbangun kekuatan kolektif yang terlembangkan untuk memperjuangkan hak atas tanah dan mendapat keadilan distribusi sumber kekayaan melalui reformasi agraria.

Memberdayakaan petani dalam pengembangan potensi pertanian untuk peningkatan kesejahteraan.

Mendorong terwujudnya kedaulatan pangan dan pemenuhan pangan bagi petani serta masyarakat umum.

Mendorong terwujudnya demokratisasi dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi petani serta masyarakat secara umum.

Terakhir, mendorong terwujudnya pembangunan yang menghormati, melindungi, dan memenuhi hak hak bagi petani serta masyarakat secara umum.

Adapun slogan dari Fokrat 'Berjuang Bersama Rakyat Untuk Indonesia Lebih Hebat'.

Penulis: steven. Editor: aan.