Siantar, hetanews.com - PT Sutan Indo Aneka Mobil dinilai tidak punya etikad baik memenuhi tintutan 3 orang  karyawannya yang dipecat secara sepihak.

Hal itu disampaikan Sekretaris SBSI Kota Siantar, Fransiskus Silalahi, setelah mendatangi panggilan sidang tripartid kedua yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Dinsnaker) Siantar, Kamis (8/2/2018).

Pada panggilan sidang tripartid  kedua ini, PT Sutan Indo tetap juga tidak hadir. Jadi selama pemanggilan sidang, terhitung sebanyak 2 kali PT Sutan Indo tidak hadir dalam sidang tersebut.

Sebaliknya, perusahaan ini hanya melayangkan surat dari kuasa hukumnya yang menyatakan jika pemanggilan sidang oleh Dinsnaker tersebut belum memenuhi Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2004.

"Ini sudah panggilan kedua tidak dipenuhi. Kita dari SBSI sebagai kuasa hukum 3 karyawan yang dipecat, beranggapan bahwa pihak PT Sutan Indo aneka mobil tidak memiliki etikad baik. Dan kuasa hukum dari pengusaha tidak komunikatif, sehingga kuasa hukum dari perusahaan sangat keliru, sehingga menyimpulkan lewat surat," kata Fransiskus.

Masih kata Fransiskus, dalam penyelesaian itu, awalnya pihaknya sudah menempuh jalur bipatrit. Dimana kedua belah pihak seharusnya bertemu secara kekeluargaan. Dan pihaknya sudah melayangkan surat permohonan terhadap pihak perusahaan. Akan tetapi, pihak perusahaan tidak merespon surat permintaan bipartit yang telah dilayangkan pada 3 Januari yang lalu.

"Sebelumnya, kita sudah coba mediasi secara lisan ke perusahaan. Tapi tidak ada respon. Maka kita layangkan gugatan tripartid. Itu pun mangkir. Tadi juga sudah kita layangkan surat bipartid yang kita kirimkan pada 3 Januari ke kantor kuasa hukumnya," kata Fransiskus.

Baca Juga: Tiga Karyawan Dipecat, PT Sutan Indo Aneka Mobil Belum Berikan Jawaban

Baca Juga: Terkuak, Ini yang Dilakukan PT Sutan Indo Aneka Mobil pada Karyawannya

Sebelumnya, PT Sutan Indo Aneka Mobil diketahui telah melakukan perbuatan yang semena-mena kepada sejumlah karyawan, khususnya sales eksekutif.

Hal itu terkuat setelah 3 orang karyawan dipecat secara sepihak oleh pihak perusahaan. Bahkan, pihak perusahaan jual beli mobil tersebut pun acap kali memotong upah karyawannya dan menyertakan sanksi, berupa denda.

Tiga orang karyawan PT Sutan Indo Aneka Mobil yang menjabat sebagai sales eksekutif dan dipecat yakni, Sarman Sidabutar, Rahmad Hasibuan dan Sahata Sihombing.