Siantar, hetanews.com - Viktor Oloan Sipayung (50) saat ini dicari karena diduga tak kunjung mengembalikan uang pinjaman sebesar Rp 200 juta.

Belakangan, keberadaan pengusaha CV Halkit Taxi ini tidak diketahui, setelah si pemilik uang, mendatangi rumahnya, di Jalan Narumonda Atas, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan.

Terkuaknya masalah uang pinjaman ini dibeberkan Richard Jones Damanik (26). Ia menerangkan, awalnya Viktor Oloan Sipayung, meminjam uang selama proses pencalonan anggota legislatif (Caleg) di Kabupaten Simalungun, pada tahun 2014 silam.

Anggota Partai Demokrat ini pun meminjam uang secara bertahap dengan jumlah nomilal sebesar Rp 200 juta lebih, kepada Marlin Siahaan (50) yang tak lain adalah ibu kandung Jones.

Dengan iming-iming jika kelak nanti duduk di kursi dewan, maka Viktor pun berjanji akan membayarkan segala uang pinjaman tersebut secepatnya. Bahkan bunga pinjaman yang sudah disepakti akan dibayar kepada Marlin Siahaan yang tak lain adalah sahabatnya.

Bermodalkan rasa saling percaya, Marlin Siahaan, warga Kelurahan Asuhan, Kota Siantar ini pun meminta agar anaknya, Richard Jones Damanik, mentransfer uang tersebut ke nomor rekening Viktor. 

"Awalnya aku sudah enggak percaya sama dia (Viktor,red), Tapi karena disuruh orang mama, jadi kutransfer uang  Rp 200 juta," ungkap Jones saat ditemui, di Jalan WR Supratman, Rabu (7/2/2018).

Masih kata Jones, pada saat pemilihan legislatif kala itu, Viktor pun kalah. Sejak itu, Jones yang berdomisili di Ibukota Jakarta ini, berkali-kali menghubungi pemilik CV Halkit Taxi ini via telepon dan aplikasi sosial media. Namun saat itu, Viktor selalu ngeles dan  terkesan mengulur-ngulur waktu saat uang pinjaman itu ditagih.

"Selama 4 tahun ini, aku hubungi dia (Viktor, red) via te3lpon. Jawaban terus ngeles. Sampai aku minta supaya pembayaran uang itu, aku dikreditkan mobil saja seharga utang dia itu. Tapi dia ngasihnya uang hanya 5 juta ke showroom, enggak jadilah," kata Jones.

Selama kurang lebih 4 tahun lamanya, pengembalian utang tersebut tak kunjung dibayarkan. Akhirnya Richard Jones Damanik memutuskan datang ke Kota Siantar dan langsung menuju rumah Viktor. Saat didatangi pada Senin (5/2/2018) lalu, Viktor sedang tak ada di rumah. Istri Viktor yang ditemui Jones mengatakan, bahwa suaminya itu sedang tidak berada di rumah dan nomornya telephonenya pun sudah tidak aktif lagi. Jones pun yakin, jika mantan Caleg dari Partai Demokrat itu sudah menghilang sejak awal tahun 2018.

"Istrinya bilang kalau dia (Viktor,red) sudah sebulan enggak di rumah. Enggak dikasih tau kemana," kata Jones, seraya berharap agar uang yang dipinjam Viktor Oloan Sipayung dari ibunya, Marlin Siahaan yang kini berdomisili di Amerika, segera dikembalikan.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan dari Viktor maupun pihak keluarga yang ingin memberikan jawaban.