HETANEWS.COM

Cabuli Anak Tiri, Sofian Divonis Naik 14 Tahun Penjara

Terdakwa digiring petugas keluar sidang usai divonis 14 tahun penjara. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - M Sofian alias Pian (41) warga Dusun Aman B Kelurahan Aman Sari, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun terbukti menyetubuhi putri tirinya Sinta (nama samaran 10 tahun) sejak kelas IV-V Sekolah Dasar (SD), terdakwa divonis naik menjadi 14 tahun penjara oleh majelis hakim Roziyanti, Melinda Aritonang dan Justiar Ronald  disidang Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Rabu (7/2/2018).

Vonis tersebut lebih tinggi dari tuntutan jaksa Lidya Panjaitan sebelumnya menuntut pidana penjara selama 12 tahun.

Menurut majelis hakim, perbuatan itu dilakukan terdakwa sejak tahun 2015 hingga November 2017 di dalam rumah terdakwa saat istri nya tidak berada di rumah. Korban diancam terdakwa  tidak diberi uang jajan saat mau pergi sekolah dan secara paksa mencabulinya. 

Istri terdakwa yang juga ibu kandung korban yakni Melly Handayani merasa curiga melihat keadaan putrinya karena sering merintih kesakitan di bagian vaginanya.

Lalu membujuk putrinya untuk memberitahu apa yang dialami. Setelah mendapat penjelasan dari korban, sang ibu segera melaporkan perbuatan suaminya tersebut kepada yang berwajib.

Hasil visum et revertum  Nomor: 7650/VIUPM/VER/IX/2017 tertanggal 13 September 2017 yang ditandatangani Cintya A Susanto selaku dokter di RSUD Djasamen Saragih Kota Siantar menyimpulkan selaput darah korban tidak utuh lagi karena sudah pernah dilalui benda tumpul.

Hakim dan jaksa sepakat mempersalahkan terdakwa dengan pasal 1 ke 66 yaitu pasal 81 ayat (3) UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Hal yang memberatkan menurut hakim, perbuatan terdakwa telah merusak masa depan korban dan menjadi trauma. Seyogianya selaku orang tua, terdakwa harus melindungi korban.

Penulis: ay. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan