HETANEWS.COM

Besok Dinkes Melakukan Vaksinasi di Siantar dan Simalungun

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dokter N.G. Hikmet

Medan, hetanews.com - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dokter N.G Hikmet mengutarakan, mereka akan melakukan vaksinasi di Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

"Besok kami berangkat ke Simalungun dan Kota Pematangsiantar untuk melakukan Outbreak Response Immunization di lingkungan orang - orang yang menjadi Suspect Difteri yang dirawat di Adam Malik,"ujarnya, di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Senin (5/2/2018).

Outbreak Response Immunization, kami lakukan tidak diseluruh lokasi, namun fokus kepada orang-orang yang berinteraksi dengan pasien, seperti sekolah dan juga lingkungan sekitar dimana pasien tinggal.

Baca Juga: Ada Warga Siantar Terkena Difteri? Ini Penjelasan Dinkes

"Kami selektif juga. Tidak langsung semua. Kalau vaksin kita ada. Kita hanya tidak mau mubazir vaksinnya. Kalau imuniasasinya dulu lengkap tidak perlu divaksin lagi,"ujar dokter Hikmet.

Dia mengutarakan, bahwa jika terjadi kejadian seperti ini, sudah seharusnya memang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Kabupaten lebih responsif.

"Kami ini kan mengkordinir. Seharusnya yang di daerah lebih tanggaplah,"ujarnya.

Secara singkat, dokter Hikmet menyampaikan, bahwa penularan Difteri ini terjadi melalui udara dimana saat si pasien bersin atau batuk, melalui mainan yang terkontaminasi bakteri, melalui kontak langsung saat ada luka di kulit dan melalui alas tidur yang terkontaminasi bakteri.

sumber: tribun-medan.com

Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan