HETANEWS.COM

Bupati Labuhanbatu Respon Positif Seminar Pendidikan Politik dan Sosialisasi Pemilu

Plt Asisten Adm Ekbang dan Kesra, Hasan Heri Rambe saat membacakan pidato Bupati Labuhanbatu. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - "Saya selaku Bupati Labuhanbatu menyambut baik acara seminar pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan hari  ini. Karena saya memaknai acara ini merupakan kepedulian adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam Himlab Jakarta kepada daerah asalnya,".

Demikian antara lain isi pidato tertulis Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap disampaikan Plt Asisten Adm Ekbang dan Kesra, Hasan Heri Rambe, Sabtu (3/2/2018) pada acara seminar pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan yang berlangsung di Aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat.         

Menurut Bupati, pendidikan politik berperan penting sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat pemilih pemula menjadi lebih melek politik.

"Pemilih pemula yang melek politik adalah pemilih pemula yang sadar akan hak dan kewajibannya. Sehingga dapat ikut serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam setiap proses pembangunan," papar Pangonal.

Menurutnya, pendidikan politik diperlukan keberadaannya terutama untuk mendidik generasi muda saat ini, yang nantinya akan menjadi penerus bangsa,. Paling tidak pendidikan politik yang dilakukan bertujuan untuk membangun kesadaran dan pemikiran kritis para pemilih pemula untuk memilih dan berpartisipasi untuk mewujudkan pemilu bersih.

"Kemudian, memberikan informasi kepada pemilih pemula terkait prosedur memilih (bagaimana cara memilih, bagaimana mengecek terdaftar dalam DPT dan bagaimana cara mengecek rekam jejak calon pemimpinnya), serta membuka wawasan pemilih pemula tentang berbagai isu kepemiluan, pelanggaran pemilu dan peran media sosial dalam politik dan pemilu," terang Bupati.        

Di sisi lain, Bupati Labuhanbatu dalam pidato tertulisnya itu mengatakan, kegiatan pesta demokrasi rakyat yang sering disebut Pemilu atau Pilkada akan bisa terlaksana dengan baik jika semua komponen bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut dengan penuh semangat.

Hal serupa juga dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu, Ira Wirtati didampingi Komisionernya Wahyudi. Mereka menghimbau agar seluruh pemilih pemula melakukan pemilihan cerdas serta menolak politik uang.

"Bagi adik-adik, belajar lah mencari tau sosok pemimpin yang tepat. Jangan mau terima politik uang. Sebab, maju mundurnya suatu bangsa ada ditangan generasi muda," pintanya.

Kegiatan seminar yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Labuhanbatu (Himlab) Jakarta ini turut dihadiri Panwaslu, Parulian Silaban, serta Ketua Himlab Jakarta Abdul Mukhlis Harahap.

Penulis: fendi. Editor: aan.