HETANEWS

Soal Orgil di Siantar, Dinsos masih Tangani yang Meresahkan

Siantar, hetanews.com -  Terkait permasalahan orang gila (orgil) di Kota Siantar, pihak Dinas Sosial (Dinsos) setempat belum dapat menangani keseluruhan dengan alasan ketiadaan tempat dan keterbatasan dana yang dimiliki Pemko Siantar.

Sehingga yang masih diatasi Dinsos hanya orgil yang meresahkan masyarakat. 

Hal itu dikatakan Kadis Sosial, Pariaman Silaen, Kamis (1/2/2018). Yang meresahkan, seperti yang melempar atau yang berjalan di jalan raya tanpa busana saja. 

"Kita memang belum memiliki tempat khusus. Jadi kita harus mengantarkan ke tempat swasta, dan memang anggaran yang kurang untuk kesana," katanya lagi.

Sejauh ini, kata Pariaman, pihaknya sudah menangani beberapa orgil, dan sudah menitipkan ke salah satu panti di Kota Siantar.

"Sudah ada beberapa kita tangani. Kemarin juga ada yang sempat hamil dan malah sudah melahirkan. Itu juga sudah kita tangani dan kita bantu untuk mengasuh anaknya," ucap Pariaman.

Terkait kebanyakan asal dari orgil tersebut, Pariaman, menduga berasal dari luar Kota Siantar.

"Kita duga, ini masih dugaan yah. Karena kita tau, mereka pastinya tidak memiliki identitas. Mereka berasal dari luar kota, tetapi kita tidak tau, apakah dikoordinir oleh oknum atau memang mungkin karena kita tau. Mereka inikan terus berjalan dan tiba-tiba sudah sampai di Siantar," paparnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Pariaman,  Dinsos akan bekerja sama dengan pihak keamanan. "Kita akan kordinasi dengan Satlol PP,  Kepolisian dan TNI," katanya mengakhiri.

Penulis: tom. Editor: gun.