HETANEWS

Waspadalah, di Labuhanbatu Mobil Patroli Sampah Aktif 'Mengintai'

Mobil patroli sampah Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu. (foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Setelah menahan 1 unit mobil pick up karena membuang sampah sembarang, di Jalan Agus Salim, Jumat (26/1/2018) lalu, kini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Labuhanbatu, meluncurkan mobil patroli sampah, khusus untuk menangkap oknum tidak bertanggung jawab.

"Ya, kita sudah luncurkan mobil patroli sampah," kata Kepala DLH Labuhanbatu, Kamal Ilham, Rabu (31/1/2018).

Dijelaskannya, peluncuran mobil patroli sampah sebagai bentuk upaya untuk meminimalisir terjadinya pembuangan sampah sembarangan dari oknum yang tidak bertanggungjawab serta menindak lanjuti Peraturab Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah.

"Dengan mobil ini, petugas kita akan melakukan patroli. Jadi, jika ada yang kedapatan buang sampah sembarangan akan kita tindak langsung melalui pembinaan terlebih dahulu. Jika berulang kedapatan, baru kita kenakan sanksi kurungan pidana 6 bulan atau denda Rp 50 juta," ujar Kamal.

Dengan diaktifkannya mobil patroli sampah tersebut, Kamal berharap kepada masyarakat agar memberitahukan pihaknya jika mengetahui atau melihat oknum yang sering membuang sampah sembarang.

"Kalau ada yang lihat, segera lapor ke kita. Biar kita tindaklanjuti," pintanya.

Menanggapi adanya mobil patroli sampah tersebut, sejumlah warga Rantauprapat memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup untuk menciptakan kebersihan di Kabupaten Labuhanbatu.

"Baru dua bulan pak Kamal menjabat sebagai kepala dinas (kadis) langsung terlihat terobosannya. Dan ini sangat patut untuk diapresiasi. Terus bekerja pak, untuk melayani masyarakat Labuhanbatu seperti yang dilakukan pak bupati selama ini," pinta Rahmat, diamini Rantauprapat lainnya.

Penulis: fendi. Editor: gun.