HETANEWS.COM

Kado dari Tuhan Karena Kasih Nya, Hasiholan: Tuhan Berikan Semangat Hidup pada Saya dan Keluarga dari Vania

Vania Asina boru Siahaan, putri semata wayang dari Hasiholan Pardomuan Siahaan dan istrinya, Hernica boru Tampubolon. (foto/tom)

Siantar, hetanews,com - Sebuah rumah bercat kuning dipadu dengan warna hijau yang berada di Jalan Naga Terbang, Nomor 11, Kelurahan Siopat Suhu, tampak sunyi. Di depan rumah tersebut, terpampang plank yang menandakan rumah tersebut akan dijual.

Dan halaman rumah tampak rerumputan menjulang tinggi dan di teras rumah itu berjejer bangku-bangku yang terbuat dari plastik. Salah seorang ibu yang sedang menggendong anaknya, menyapa sambil tersenyum dan mempersilahkan wartawan untuk masuk ke dalam rumah.

Suasana rumah tampak sederhana, tak banyak dihiasi dengan perabot rumah, bahkan TV pun tak tampak di rumah tersebut.

Ibu tersebut dengan telaten menggendong anaknya dengan kain yang tebal. Bau minyak angin sangat terasa menandakan anak tersebut baru saja dimandikan oleh ibunya. Tubuh kecil dan badan yang sangat kurus serta di hidungnya ada sebuah selang, itulah kesan pertama ketika melihat anak yang digendong sang ibu.

Ibu tersebut bernama Hernica Tampubolon istri dari Hasiholan Pardomuan Siahaan. Sementara anak yang digendongnya tersebut adalah anak ketiga dari tiga bersaudara bernama, Vania Asina boru Siahaan.

Si ibu pun menceritakan mengapa kondisi tubuh anaknya begitu kurus dan sangat memprihatinkan. Dengan wajah seakan tegar menghadapi sakit anaknya, dia menceritakan bagaimana kondisi dari anaknya tersebut. Katanya, sejak dalam kandungan, Vania sudah mengalami kelaianan dalam tubuhnya.

"Awalnya sejak masih dalam kandungan, waktu itu umur kandungan sekitar 8 bulan mau ke 9 bulan lah. Sewaktu di USG, dokter bilang ada masalah di paru-paru dan jantungnya," sebutnya menceritakan tetapi tetap dengan wajah yang tegar, Rabu (31/1/2018).

Pada saat sejak lahir, putri sematang wayang dari Hernica tersebut harus berjuang untuk tetap hidup. Sebab dokter menyebutkan, jika Vania mengalami gangguan di paru-paru dan jantung.

Selama satu minggu sejak dilahirkan, Vania dirawat di Rumah Sakit Vita Insani (RSVI) yang kemudian atas anjuran dokter, Vania harus dirujuk ke Rumah Sakit Adam Malik di Medan, dengan segala keterbatasan keuangan karena Hasiholan yang awalnya berprofesi sebagai pelayan di gereja dan terakhir pekerja doorsmeer itu harus mengikuti anjuran dokter.

Vania ketika digendong ibunya, (foto/tom)

Tantangan pun tak sampai di situ. Sesampai di RS, masalah kamar yang tidak ada. Karena Vania harus dirawat di ruangan khusus, namun harus menunggu selama 1 malam. "Akhirnya dokter menganjurkan agar dibawa ke RS Pringadi Medan untuk mengobati masalah pernafasannya dahulu," cerita Hasiholan.

Mengikuti anjuran dokter, akhirnya Vania dibawa pindah ke RS Pringadi Medan dan disitulah Vania harus menjalani perawatan selama 1 minggu. Setelah seminggu kemudian, Vania dikembalikan ke RS Adam Malik dan dia pun dirawat selama 2 minggu.

"Memang kalau keterangan dokter, sewaktu lahir ada suaranya tetapi kecil. Maaf, ibarat suara kucinglah, kalau kata dokter karena virus. Saya kurang tau, virus apa karena kurang paham masalah medis ini," katanya.

Hasiholan menjelaskan, bahwa hasil pemeriksaan dokter, Vania mengalami kebocoran jantung hingga 3 lubang. “Di bagian atas ada lubang 6 mili, dibagian bawah ada 8 mili, dan dibagian saluran menuju paru-paru ada 2,5 mili dan juga sempat ada masalah di paru-parunya juga, tetapi sudah sembuh kata dokter," katanya.

Selama menjalani proses pengobatan, ibu Vania menceritakan, jika dokter menyebutkan, bahwa umur putrinya  tidak lama. Dokter memvonis kalau Vania hanya mampu bertahan hingga 2 minggu saja.

"Tetapi karena karunia, mukjizat Tuhan serta semangat hidup dari Vania yang tinggi, dia mampu bertahan hingga sekarang umur 2,5 bulan. Yah, memang dia ini seperti arti namanya, Vania itu arti kado dari Tuhan dan Asina, itu artinya karena kasih Nya," kata Hernica  sambil tersenyum.

Hasiholan juga menceritakan, bahwa dokter juga kagum dan takjub melihat semangat hidup dari Vania. Dan dia menyakini, bahwa Tuhan memberikan Vania kepadanya seperti namanya yaitu sebuah kado.

"Yah, seperti namanya kado dari Tuhan karena kasih Nya, dan Tuhan barikan inspirasi dan semangat hidup kepada saya dan keluarga dari Vania. Saya yakin, Tuhan akan jamah dia dan sembuhkan dia, karena Tuhan sudah beri semangat hidup kepada dia," sebutnya dengan penuh semangat.

Penulis: tom. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!