HETANEWS

Pemkab Asahan Mendapat Predikat B dari Menpan, Ini Penjelasan Diskominfo

Kepala Bappeda Asahan, Jainal Arifin Sinaga saat menerima penghargaan predikat B yang diserahkan lansung oleh Menpan RB RI, Asman Abnur. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Pemkab Asahan mendapat predikat "B" dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2017 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menapn RB) RI, pada 25 Januari 2018 di Kota Batam. 

Kepada hetanews.com, Rabu  (31/1/2018), Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang melalui Kadis Kominfo Rahmad Hidayat Siregar mengatakan, penyerahaan penghargaan predikat B ini diserahkan langsung oleh Menpan RB RI, Asman Abnur kepada Pemkab Asahan dan diterima Kepala Bappeda Asahan, Jainal Arifin Sinaga. 

Dilanjutkan Hidayat, hasil evaluasi SAKIP tahun 2017, untuk pemerintah kabupaten/kota di Pulau Sumatera, Provinsi Banten dan Jawa Barat (Wilayah I) terjadi peningkatan rata - rata nilai evaluasi 4,56 poin dari 49,87 pada 2016 menjadi 54,43 pada tahun 2017.   Lalu rata-rata nilai juga di atas 50  yang artinya berada pada kategori CC.

Hidayat mengatakan, ada tercatat  62 kabupaten/kota dengan predikat B, namun masih ada 102 kabupaten/kota atau 58,62%  dari total seluruh kabupaten/kota di Wilayah I masih mendapat nilai di bawah B, 57 kabupaten/kota dengan predikat CC, 43 kabupaten/kota dengan predikat C.

"Kabupaten Asahan sendiri meraih predikat ”B” dengan nilai 60,21 dan  tercatat untuk kabupaten/kota di Propinsi Sumatera Utara yang memperoleh nilai predikat B hanya 3 kabupaten /kota dari 33 kabupaten/kota se Propinsi Sumut yaitu Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Serdang Bedagai,” ungkapnya. 

Ditambahkan Hidayat, bahwa hasil tersebut mencerminkan tingginya komitmen Bupati  Taufan Gama Simatupang, dalam perbaikan akuntabilitas kinerja di Kabupaten Asahan dengan membangun kerjasama antara Pemkab Asahan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI melalui kegiatan workshop/bimtek implementasi SAKIP dan kegiatan pendampingan secara berkala dan berkesinambungan dengan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) binaan. 

Di antaranya Kepala Bappeda, Kepala Inspektorat, Kadis PUPR, Kadis Kopdag, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Kadisporapar, Kadis Ketenagakerjaan, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadis Peternakan dan Kadis Perikanan.

"Target implementasi SAKIP Pemkab Asahan ke depan adalah predikat BB dan persyaratan untuk itu di antaranya OPD binaan harus ditambah 10 lagi dan masing-masing Kepala OPD nantinya akan langsung memaparkan presentasi SAKIP kepada Tim Evaluator dari Kemenpan RB. Di mana akan dilihat kesesuaian Renstra OPD dengan RPJMD dan memastikan apakah tujuan, sasaran, program dan kegiatan tiap OPD sudah benar-benar bermanfaat bagi stakeholder (masyarakat),“ paparnya. 

Dijelaskan, bahwa Koordinator SAKIP Kabupaten adalah Kepala Bappeda Asahan dibantu oleh Inspektorat, Bagian Organisasi dan Bagian Pembangunan Setdakab Asahan di bawah Pengawasan Sekretaris Daerah dan para Asisten. 

Penulis: heru. Editor: gun.