Sergai, hetanews.com - Mina padi, merupakan suatu bentuk usaha tani gabungan (combined farming) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar.

Dengan demikian, mina padi dapat meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Hal itu disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman, didampingi Wakil Bupati (Wabup), Darma Wijaya, di sela,sela kegiatan panen perdana mina padi kelompok tani (Poktan) Harapan Maju, di Dusun VI Desa Pulo Tagor, Kecamatan Serbajadi, Senin (29/1/2018), lalu.

Bupati Soekirman, menyampaikan apresiasi kepada BITRA Indonesia dengan keseriusannya membina kelompok tani melakukan model tanam mina padi yang hasilnya sangat bermanfaat bagi petani.

Direktur BITRA Indonesia, Wahyudi menyampaikan, panen perdana mina padi di Desa Pulo Tagor ini yang pertama di Sergai dengan memanfaatkan lahan persawahan seluar 10 Ha dan menabur bibit ikan nila sebanyak 200 ribu ekor.

Penaburan bibit ikan ini dilakukan setelah mamasuki usia tanam padi mencapai 15 hari dan ikan dapat dipanen bersamaan dengan panen padi.

"Dengan mina padi, menghemat biaya produksi tanaman karena bantuan ikan yang memakan hama didalam tanaman padi tersebut," kata Wahyudi.