Simalungun, hetanews.com - Sosok Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur Sumatera Utara, Ance Selian telah didapuk menjadi pasangan Jopinus Ramli Saragih sebagai Balon Gubsu, besutan 3 partai besar yakni Partai Demokrat, PKPI dan PKB.

Meskipun telah mengikuti tahapan awal pra penetapan calon gubsu oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut pada awal tahun 2018 ini, namun belum banyak warga maupun simpatisan yang mengetahui sekilas tentang sosok Ance Selian.

Seperti yang diutarakan Didi Darma, simpatisan Semangat Baru Sumut asal Kecamatan Bandar. Dirinya mengaku, hanya mengenal persis sosok JR Saragih, namun tidak begitu mengenal Ance Selian dan latar belakang hidupnya.

"Kalau pak JR Saragih saya kenal betul, terutama sifat ramah tamah nya sama warga di Simalungun. Tapi jujur saya enggak kenal sama pak Ance, lahirnya dimana dan apa latar belakangnya, hanya tahu dari foto saja," tutur Didi kepada hetanews.com, Senin (29/1/2018).

Tim hetanews.com yang mencoba menghimpun data tentang sosok Ance Selian, dari berbagai artikel dan menemukan kemiripan khas dengan sosok JR Saragih.

Ance Selian yang lahir di Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) pada 1 Maret 1964, merupakan anak ke 5 dari 7 bersaudara dari pasangan suami istri, Jasobadingon Siregar dan Munti Harahap.

Ance yang kemudian memiliki istri seorang notaris, Helma Ariyanti, dianugerahi 2 orang anak ini pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Fraksi Partai PKB, periode 2009-2014.

Pria lulusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang kini berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU) ini tercatat sebagai salah satu santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukhtariah di Sungai Dua Portibi.

Sampai sekarang Ance juga dikenal sebagai sosok yang perduli dengan dunia santri dan Ponpes, hingga ia pernah dinobatkan menjadi tokoh peduli santri di Sumut dan tokoh peduli Kitab Kuning.

Pria berkumis dan mengenakan kacamata ini kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai PKB berdasarakan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) ke IV periode kepengurusan 2012-2016, dan atas keseriusannya memimpin partai berlambang bola dunia itu di Sumut. Kemudian DPP PKB kembali menetapkan Ance Silean sebagai Ketua DPW PKB Sumut untuk periode kepengurusan 2016-2021.

Setelah resmi diusung 3 partai, nama Ance Selian mulai berkumandang seiring popularitas JR Saragih di wilayah pesisir barat Sumut kian meningkat.

Mampukah seorang Ance Selian memikat hati dan meyakinkan para pecinta JR Saragih yang diketahui telah banyak menitipkan harapan besar di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut Juni mendatang?