Simalungun, hetanews.com - Sikap penuh semangat yang diperlihatkan oJopinus Ramli Saragih ternyata telah membekas di hati para simpatisannya.

Pria yang akrab disapa JR Saragih ini diketahui merupakan salah satu Bakal Calon (Balon) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Periode 2018-2023, dan telah menyelesaikan tahapan demi tahapan pra penetapan Calon Gubernur Sumut di awal tahun 2018 ini.

Sejak tahun 2017 lalu, JR Saragih yang begitu akrab dengan warga di Kabupaten Simalungun telah mendeklarasikan diri untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Kendatipun sebagian kalangan pesimis terhadap perjuangan JR Saragih yang hanya di dukung 1 partai saja, namun Bupati yang dikenal sebagai sosok 'petarung sejati' ini mampu membuktikan kepada khalayak bahwa dirinya telah berhasil mengikuti tahapan Pilkada tahun ini.

Hal inilah yang membuat para simpatisan maupun relawan JR Saragih terlihat semakin 'pede' untuk mengumandangkan jargon semangat baru sumut di Bumi Habonaron Do Bona dan wilayah pesisir barat Sumut.

Kehadiran Bupati Simalungun 2 periode ini dalam kancah Pilkada Sumut, dianggap oleh simpatisan sebagai catatan sejarah seorang putra daerah Simalungun berani mengambil sikap untuk bertarung memperebutkan kursi Sumut 1.

“Selama ini kita hanya menjadi penonton saja, setiap pemilihan Gubernur selalu saja ada orang dari luar daerah yang menjadi calon. Memang sah-sah saja nya, tetapi baru kali ini lah ada yang mewakili Simalungun, saya salut sama semangatnya JR Saragih, sebenarnya dia yang paten,” pungkas Purba, warga Kelurahan Dalig Raya, Kecamatan Raya, Jumat (26/1/2018).

Di Pilkada Sumut tahun ini, JR Saragih diketahui berpasangan dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ance Silean.

Ance Silean yang juga salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, dinilai mempunyai visi dan misi yang sama dengan JR Saragih untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersifat melayani dan upaya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah terpencil Sumut.