HETANEWS.COM

Bupati Resmikan Kantor BKAD dan BUMDes 'Bersama' Sei Rampah

Bupati Sergai, Soekirman didampingi Wakil Bupati, Darma Wijaya tengah menandatangani prasasti tanda diresmikannya kantor BKAD dan BUMDes “Bersama”. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Soekirman, didampingi Wakil Bupati, Darma Wijaya, Selasa (23/1/2018), meresmikan kantor Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 'Bersama' di Dusun V Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Bupati menyampaikan pesan kepada BUMDes yang baru diresmikan agar dalam melakukan usahanya, mengutamakan beberapa hal, yaitu pertama, utamakan faktor keamanan agar nyaman dalam melakukan usaha tersebut.

Kedua mencari lokasi yang strategis dan tepat serta mudah dijangkau. Ketiga, jangan banyak yang mengganggu (campur tangan) agar pengelolaan keuangan memang dimaksimalkan untuk warga desa. Kemudian kerjasama sangat penting, agar segala pekerjaan dan usaha dapat dilakukan dengan hasil yang baik dan sesuai harapan.

Direktur BUMDes 'Bersama', Lukman Nur Hakim, menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan dukungan dari semua pihak, terutama Pemkab Sergai. Sehingga kantor BKAD dan BUMDes 'Bersama' ini dapat diresmikan hari ini dn merupakan hasil pembiayaan dari dana eks PNPM pada penyaluran 2014 yang lalu.

BKAD 'Bersama'dibentuk pada 2007. Kemudian BUMDes 'Bersama' dibentuk pada tahun 2016, namun beroperasi penuh pada tahun 2017 dengan usaha awal adalah simpan pinjam. Dasar hukum pembentukan BUMDes ini adalah sesuai UU No 6 Tahun 2014 tentang Penggunaan Dana Desa yang memungkinkan desa-desa melakukan penyertaan dan pengelolaan dana desa untuk kepentingan masyarakat desa itu sendiri.

"Keuntungan dari penyertaan modal tersebut menggunakan sistem saham dan dibagikan tiap tahun. Oleh karenanya, diharapkan para kepala desa dapat lebih banyak mengalokasikan dana penyertaan modalnya di BUMDes 'Bersama'," ujarnya.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan