HETANEWS

Apakah ada Penerimaan CPNS 2018 di Siantar, Ini Jawaban Kepala BKD

Kepala BKD Siantar, Zainal Siahaan.

Siantar, hetanews.com - Beberapa daerah sudah melakukan penerimaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Namun hal itu tampak berbeda di Kota Siantar, karena sejak beberapa tahun terakhir ini tidak pernah lagi melakukan penerimaan CPNS. Hal ini sangat disayangkan, sebab banyak masyarakat Siantar yang berminat untuk menjadi PNS di daerahnya sendiri.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Siantar, Zainal Siahaan menyebutkan, di tahun 2017 belanja pegawai sudah mencapai 53 persen.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), tidak memungkinkan untuk dilakukan penerimaan CPNS.

"Karena sudah banyak pegawai dan ada peraturan Menpan RB, kalau belanja pegawai di atas 50 persen tidak dibenarkan menerima pegawai di tahun 2017," paparnya, Kamis (18/1/2018).

Disinggung jika penyebabnya akibat banyaknya PNS pindahan yang masuk ke Siantar, Zainal membantah hal tersebut. Dia menyebutkan jumlah masuk dan keluar PNS di Siantar masih seimbang.

"Jumlah pegawai pindahan yang masuk tahun lalu saya kurang tau persis. Saya lihat masih proporsional jumlah pegawai masuk dengan yang keluar," tukasnya.

Sementara diketahui untuk 2018 ini belanja pegawai di Siantar di bawah 50 persen, namun tidak ada penerimaan CPNS, Zainal menyebutkan, jika saat ini Pemko Siantar masih berusaha ke Kemenpan RB agar mendapatkan formasinya.

"Kita akan mengirimkan surat ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang kebutuhan pegawai. Saat ini memang ada kekurangan pegawai seperti di Dinas Pendidikan (Disdik)," papar Zainal.

Zainal mengaku, hingga saat ini BKD masih menyiapkan admintrasi formasi yang diminta Kemenpan RB.

"Itu kan banyak aturan-aturan untuk membuka formasi penerimaan CPNS. Kemarin ada terhambat sedikit, karena pada saat Kemenpan RB mengadakan sosialisasi tidak diikuti para pejabat di Siantar. Padahal disitu lah dibuka bagaimana data-data nya bisa masuk," paparnya.

Zainal menuturkan, pihaknya sudah mencoba berkomunikasi dengan Kemenpan RB untuk memberikan data-data yang diminta, supaya  bisa mendapatkan formasi penerimaan CPNS.

"Pastinya

masih sedang disiapkan. Kalau tidak salah ada 120 orang tenaga pendidikan atau guru yang akan kita ajukan," ucap Zainal mengakhiri.

Penulis: tom. Editor: aan.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.