HETANEWS

JR Saragih, Politisi Lokal yang Ingin Memimpin Daerahnya Sendiri

Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur JR Saragih dan Ance Selian menyalami simpatisan usai menyerahkan kelengkapan berkas pencalonan di KPUD Provinsi Sumut.

Simalungun, hetanews.com - JR Saragih dan Ance Selian resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sumut menjadi Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, Rabu (10/12/2017).

Pasangan ini akan ikut menjadi kontestan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Selain JR Saragih-Ance Selian, 2 pasangan lain yang akan ikut dalam kontestasi Pilgubsu adalah Edy Rahyadi- Musa Rajeckshah dan Djarot Syaiful Hidayat- Sihar Sitorus.

Ketiga pasangan ini besar kemungkinan yang akan bertarung untuk merebut kursi nomor 1 dan 2 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ketiga pasangan itu berpotensi untuk memenangkan Pilgubsu. Jika dilirik dari rekam jejak mereka masing-masing, merupakan figur yang sama sama dikenal oleh masyarakat Sumut dan mempunyai kelebihan masing masing.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya saat mengumumkan pasanga yang akan diusung partai bernuansa biru itu menerangkan, JR Saragih merupakan salah putra Simalungun  yang bergabung menjadi kader Partai Demokrat pada tahun 2012 yang lalu. Dan JR Saragih adalah  Bupati Kabupaten Simalungun yang juga salah satu bagian dari 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara.

Sebagai kader Partai Demokrat yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, JR Saragih juga dinilai mampu memahami situasi politik dan pemerintahan di daerahnya sendiri. Untuk itu, potensi pria kelahiran 10 November 1968 ini menjadi Gubernur Sumut sangatlah besar dengan pengalaman politik dan pemerintahan yang dia tekuni selama menjabat Bupati Simalungun 2 periode.

"JR Saragih adalah politisi lokal Sumut yang juga menjabat sebagai Bupati Simalungun. Pengalaman beliau di pemerintahan dan jabatannya sebagai Ketua Partai Demokrat Sumut, menjadi potensi besar untuk menjadi Gubernur," ungkap Torang Nadapdap (28) saat dimintai tanggapanya mengenai moment Pilkada Serentak, Kamis (18/1/2018).

Torang, warga yang bermukim di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun ini menambahkan, JR Saragih adalah sosok putra terbaik Sumut yang ikut mencalonkan diri sebagai Gubernur.

Kehadiran JR Saragih-Ance Selian yang diusung oleh Partai Demokrat, PPP dan PKPI ini menunjukkan adanya partisipasi pejabat maupun politisi lokal Sumut untuk menjadi pemimpin di daerahnya sendiri.

"JR Saragih dan Ance Selian adalah pejabat pemerintahan dan juga politisi Sumut. Mereka sudah berbuat untuk Sumut ini selama mereka menjabat sebagai Bupati dan anggota dewan. Saya salut dengan mereka, ikut mencalonkan diri sebagai Gubernur untuk membangun daerahnya sendiri," ujarnya mengakhiri.

Penulis: tim. Editor: aan.