Sergai, hetanews.com - Bupati Sergai, H Soekirman, menjadi pembina upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), di halaman kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Rabu (17/1/2018).

Bupati Sergai mengatakan, selaku pemerintah daerah dan masyarakat dalam menjalankan roda pembangunan harus dengan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Karena dalam proses membangun dan mensejahterakan masyarakat, Kabupaten Sergai ini banyak aspek yang perlu menjadi perhatian, salah satunya adalah masalah lingkungan hidup, katanya.

Pemkab Sergai telah melaksanakan beberapa program terkait pembangunan berwawasan lingkungan diantaranya, turut mendukung program “Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS)” yang merupakan rangkaian hari Peduli Sampah Nasional yang akan berlangsung mulai tanggal 21 Januari sampai 21 April 2018, sesuai dengan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor: SE.1/MenLHK/PSLB3/PLB.0/1/2018 tentang Kerjasama untuk Peningkatan Penanganan Sampah Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Tahun 2018.  

Selain mendukung program TBBS, lanjut Bupati, bahwa Pemkab Sergai juga menggalakkan program penghijauan dan penyediaan bibit bagi perusahaan-perusahaan di Kabupaten Sergai. Sejalan pula dengan program Kementerian LHK yang mewajibkan ASN menanam 25 pohon selama hidup, katanya.

Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan hidup melalui program edukasi lingkungan, mengurangi dampak lingkungan dengan pengawasan rutin, menambah armada sedot dan angkut tinja serta armada pengangkut sampah untuk meningkatkan usaha kebersihan.

Hal ini juga termasuk dalam program yang terkait pembangunan berwawasan lingkungan, jelas Bupati Sergai.