HETANEWS

BNNK Tebingtinggi Amankan 240 Kg Ganja, 2 Pelaku Diringkus

Kepala BNN Kota Tebingtinggi, Kompol Bambang bersama petugas dan pelaku saat memperlihatkan barang bukti daun ganja kering. (foto/Ver)

Tebingtinggi, hetanews.com - Dua orang pelaku diciduk tim Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kota Tebingtinggi saat menggerebek tempat penyimpanan daun ganja seberat 240 kg, Selasa (16/1/2018) sekira pukul 22.00 WIB.

Kedua pelaku disebut-sebut terkait peredaran narkotika jenis ganja antar 3 provinsi Aceh- Sumut- Riau. Mereka diciduk di salah satu pos Organisasi Kepemudaan (OKP) di Dusun X, Desa Paya Bagas, Kecamatan  Tebingtinggi Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Terbongkarnya kasus ini bermula saat tim BNNK Tebingtinggi mendapat informasi dari masyarakat bahwa para pelaku sering melakukan transaksi ganja di Dusun X Desa Paya Bagas yang sudah sangat meresahkan warga sekitar.

Selanjutnya petugas BNNK langsung melakukan pengintaian selama 2 hari. Tepatnya Selasa malam sekira pukul 20.00 WIB, BNNK berhasil melakukan penangkapan terhadap Wa (45), warga Jalan Danau Toba, Lingkungan II Gang Keluarga, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Hulu dan Sy (64), warga Dusun X, Desa Paya Bagas.

Kedua pelaku ditangkap saat sedang membawa ganja mengendarai sepeda motor yang terbungkus rapi di dalam kotak kardus tepatnya di belakang WA.

Suasana penggerebekan penyimpanan ganja di Pos OKP. (foto/Ver)

Merasa curiga petugas langsung memeriksa isi dalam kotak kardus. Setelah diperiksa ternyata di dalamnya ada bungkusan paketan yang isinya ganja kering sebanyak 40 kg siap edar.

Pelaku diamankan petugas tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Lalang,Kecamatan Rambutan, Tebingtinggi, persisnya di Simpang Takari Selasa (16/1/2018) malam.

Saat ditangkap, kedua pelaku sedang membawa ganja seberat 40 kg yang rencananya mau dikirim ke Propinsi Riau dengan menumpang bus. 

Mereka juga mengakui ada juga daun ganja yang masi tersimpan di sebuah pos OKP di Desa Paya Bagas. Diketahui mana pos tersebut dihuni oleh SY. Pos OKP tersebut dijadikan tempat penitipan ganja sebelum di kirim ke Riau.

Mendapat keterangan kedua pelaku, petugas segera meluncur ke lokasi. Tiba di lokasi, petugas dibantu Kepala Desa (Kades) Paya Bagas segera melakukan pengeledahan di dalam pos OKP.

Penemuan ganja kering di Pos OKP. (foto/Ver)

Petugas akhirnya berhasil menemukan tumpukan karung dan kardus yang isinya ternyata ratusan bungkusan ganja yang dikemas dalam ukuran 1 kg.

Pelaku Sy mengakui, bahwa ganja tersebut bukan miliknya, tetapi temannya. "Saya hanya sebagai perantara dan pos ini dijadikan tempat penitipan ganja, sebelum dikirim ke daerah Riau," sebut Sy.

Selanjutnya kedua pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Kantor BNNK Tebingtinggi, guna untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara Kepala BNNK Tebingtinggi, Kompol Bambang belum bersedia dimintai keterangannya, Rabu (17/1/2018).

Penulis: ver. Editor: aan.