HETANEWS

Disetujui Pemprovsu, 19 Desa Bertambah di Labusel

Perkantoran Pemkab Labusel. (foto/Oen Hasibuan)

Labusel, hetanews.com - Sebanyak 19 Desa bertambah di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Penambahan 19 Desa itu disetujui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) sesuai No 414.4/13.200 Tanggal 15 Desember 2017. Ini sesuai dengan usulan Pemkab Labusel ke Pemprovsu.

"19 Desa persiapan itu telah disetujui Pemprovsu. Semula Desa di Labusel berjumlah 52 Desa dan kini setelah dimekar bertambahlah 19 Desa," ujar Kabid Pemerintahan Desa Kabupaten Labusel, Nurlela Jumat (12/1/2018) kepada wartawan di ruang kerjanya di Kantor PMD, komplek perkantoran Kabupaten Labusel.

Dijelaskan, 19 Desa persiapan yang bertambah  yakni di Kecamatan Kota Pinang Desa Sisumut bertambah 2 Desa yakni Desa Emplasmen dan Desa Sidodadi Blok 40.

Kecamatan Kampung Rakyat Desa Perlabian bertambah 1 Desa yakni Desa Lohsari, Desa Teluk Panji bertambah Desa Sei Kalam dan Desa Perkebunan ABM, Desa Tanjung Mulya bertambah Desa Tanjung Mulya Barat, serta Desa Tanjung Medan bertambah Desa Suka Jadi.

Sedangkan di Kecamatan Sungai Kanan Desa Sabungan bertambah 2 Desa yakni Desa Sabungan Hulu dan Desa Sabungan Hilir. 

10 Desa di Kecamatan Torgamba ,yakni Desa Sei Meranti bertambah Desa Sei Daun dan Desa Mekar Meranti, Desa Torganda bertambah Desa Torganda Cindur, Desa Aek Batu bertambah Desa Pinang Awan, Desa Bis 2 dan Desa Perkebunan Aek Torop, Desa Asam Jawa bertambah Desa Sumberjo Desa Asam Jawa Raya. Desa Pengarungan bertambah Desa Sumber Mulya dan Desa Torgamba bertambah Desa Sei Kebara. 

Ditambahkan Nurlela, kini Pemkab Labusel bersama Kecamatan terkait sedang mempersipkan dan menghunjuk Pejabat Kades untuk mempersiapkan perangkat desa defenitif. 

"Dalam bulan ini sudah dihunjuk dan di SK kan Bupati. Dan akan kita kirim ke Pemprovsu," jelasnya.

Dalam pelaksanaannya nanti tambah Nurlela, Pejabat Desa persiapan ini mendapatkan 30 persen bagian dari Anggaran Desa Induk minimal dalam jangka 1- 3 tahun. Apabila desa persiapan tidak mampu maka akan dikembalikan ke desa induk.

Penulis: tim. Editor: aan.