Mon 23 Jul 2018

Parlindungan Purba Tinjau TPA Tanjung Pinggir, Ini Rencananya

Anggota DPD RI, Parlindungan Purba (kemeja putih), Kadis Kebersihan, Jekson Gultom dan Kadis BPKD Siantar, Adiyaksa Purba saat meninjau TPA. (foto/tom)

Siantar, hetanews.com - Salah satu anggota DPD RI, Parlindungan Purba, bersama Kepala Dinas Kebersihan Kota Siantar, Jekson Gultom dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Siantar, Adiyaksa Purba, melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), di Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Jumat (12/1/2018) sekira pukul 18.00 WIB.

Parlindungan menyebutkan, kunjungan tersebut dilakukannya karena dia berencana akan menjembatani pengelolaan sampah, menjadi hal yang berguna.

"Saya akan berkomunikasi kepada yang ahli. Saya sudah kirim suratnya ke Pemko dan mungkin dalam waktu dekat, mereka akan turun kemari (Siantar) untuk persentasi," katanya. 

Dia menyebutkan, dalam pengelolaan, biasanya dalam sekala besar, namun kali ini bisa dapat menampung skala kecil yakni, hanya 50 ton.

"Jadi, nanti kita harapkan ini tidak bergantung kepada APBD lagi. Kita harapkan, nanti BUMD yang mengelolah itu nanti, kan sebenarnya sampah itukan uang sebenarnya, tapi kitakan engga pande cara mengelolahnya," ucap Parlindungan.

Terkait masalah teknisnya nanti yang bagaimana bentuk pengelolaannya, Parlindungan menyebutkan, hal itu nanti akan dibicarakan oleh tim teknis.

"Nanti akan turun timnya langsung persentase. Karena masalah teknis mereka yang lebih mengetahui," sebutnya. 

Kepala Dinas Kebersihan, Jekson Gultom menyebutkan, bahwa per harinya pembuangan sampah bisa mencapai 350-400 ton. "Itu kurang dengan lahan kita yang masih 1,5 hektar, harusnya sudah bisa 5 hektar," kata Jekson. 

Terkait program yang ditawarkan oleh Parlindungan tersebut, dirinya sangat menyambut baik hal tersebut

"Itu sangat baik karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi katanya nanti langsung ke sumbernya, berarti langsung berhubungan dengan masyarakat, kita akan kejar itu," kata Jekson bersemangat.

Penulis: Tom. Editor: gun.