Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

Berbagai elemen masyarakat menghadiri syukuran Tahun Baru yang dilaksanakan Pemkab Humbahas. (foto/trendy)

 

Humbahas, hetanews.com - Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (12/1/2018).

Syukuran dirangkai dengan ibadah, siraman rohani disampaikan Ephorus HKI Pdt M Pahala Hutabarat.

Hadir dalam acara syukuran itu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Kapolres AKBP Ramdhani Dayan, Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico Julyanto Siagian, Wakil Ketua PN Tarutung Eko Julianto, Plt Sekdakab AP Marbun, Ketua TP PKK Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Tiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, para tokoh agama, adat, masyarakat, pimpinan BUMN/BUMD dan berbagai elemen masyarakat serta ribuan masyarakat.

Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya menjelaskan, tahun 2017 sudah dilewati,  jika menoleh ke belakang berbagai upaya telah dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Humbahas.

Bupati memaparkan, bahwa bidang pertanian sebagai sektor unggulan, pada tahun 2017 Pemkab Humbahas  telah menerima alsintan (alat mesin pertanian) dari pemerintah pusat berupa alat mesin pertanian yaitu handtraktor 93 unit, traktor roda empat 16 unit, traktor mini 10 unit, cultivator 20 unit dan excavator 7 unit.  Peralatan itu sebagian telah digunakan mendukung pembukaan lahan baru dan pengolahan lahan pertanian.

Bukan hanya itu saja, perlu diketahui bersama bahwa kopi Humbahas dengan nama geografis Lintong Arabica Coffe sudah mulai mendunia. Baru-baru ini tim Journalist Inggris telah datang ke Humbahas untuk ikut mempublikasikan kopi Humbang dan keindahan alam Danau Toba.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo sudah menjadikan kopi asal Humbahas menjadi oleh-oleh di Istana untuk para tamu negara. Sektor pariwisata juga akan dikembangkan, untuk mendukung jumlah wisatawan khusus di Baktiraja, Pemkab Humbahas telah mengembangkan konsep home stay (wisatawan tinggal di rumah penduduk). Konsep ini didukung Menteri Pariwisata dan telah memberikan bantuan berupa mattras 150 unit.

Ini bertujuan agar wisatawan merasa nyaman dan lebih lama tinggal di Kabupaten Humbahas. Sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan roda perekonomian masyarakat berjalan. 

Kemudian mempromosikan wisata itu, Pemkab Humbahas telah melaksanakan even-even seperti Festival Danau Toba (FDT), Coffe Fest Toba untuk semakin mengangkat nama Lintong Arabica Coffe sebagai identitas geografis, Toba Cross Run dan Toba Audax. Even ini dilaksanakan untuk meningkatkan gairah pariwisata kawasan danau toba khususnya di Humbahas.

Kemudian, Kain Humbang Shibori dalam berbagai bentuk busana pria dan wanita hasil buatan tangan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Humbang Hasundutan yang digagas rumah kreatif. Kain ini sudah dilirik berbagai kalangan hingga mancanegara.  Kain ini diproduksi dengan menerapkan konsep eco fashion karena menggunakan bahan pewarna alam.

Kain Humbang Shibori ini telah dipromosikan di Kanada, Paris, Budapest dan Bratislava. Sehingga tahun ini, desainer eco fashion dari Eropa meminta Kain Humbang Shibori untuk diperkenalkan secara resmi di Budapest.

Dosmar juga memaparkan, untuk meningkatkan motivasi dan memperluas kesempatan dalam menempuh pendidikan. Tahun 2018 ini, bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu yang masuk ke PTN favorit 10 besar dan SMA/sekolah unggulan akan dibantu secara penuh. Beasiswa itu diberikan kepada semua warga Humbahas untuk mendukung dan meningkatkan mutu pendidikan.

"Tahun 2016 lalu telah berhasil membangun 15 ruang kelas baru dan 4 unit perpustakaan. Tahun 2017, telah dibangun laboratorium ilmu pengetahuan alam sebanyak 4 unit serta pembangunan unit sekolah baru Sekolah Luar Biasa (SLB) dan pembangunan TK Pembina di Doloksanggul," tukas Dosmar.

Selanjutnya, Pemkab Humbahas telah menyalurkan bantuan hibah keagamaan kepada gereja dan mesjid secara bertahap. Tahap pertama sebanyak 88 tempat ibadah dari APBD 2017, tahap kedua 67 dari P-APBD 2017 dengan total nilai Rp 2 miliar. Ini sudah termasuk penyaluran hibah keagamaan yang tertunda pembayarannya sejak tahun 2015.

Bidang infrastruktur, tahun 2017 Pemkab Humbahas telah melaksanakan pengaspalan jalan hotmix dan peningkatan jalan hotmix sepanjang 49,80 km di 15 lokasi yang dananya bersumber dari DAK dan DAU. Rehabilitasi jaringan irigasi pada 18 lokasi yang bersumber dari DAK. Perkerasan jalan sepanjang 5.620 km di 11 lokasi. Jalan telah di lapen dengan volume 12,385 x 3 meter. Jalan telah dibuka sepanjang 5.095 km pada 9 lokasi. Posisi tahun 2015-2017 telah berhasil memperbaiki 856 rumah tidak layak huni (RTLH).

Optimalisasi sistem terpasang untuk meningkatkan cakupan layanan ibukota kecamatan di 5 kecamatan. Pembangunan instalisasi pengolah air limbah komunal, pembangunan sanitasi desa pada 25 lokasi. Pembangunan jalan lingkungan perkotaan, drainase perkotaan pada 6 lokasi. Pembangunan jalan lingkungan perdesaan di 17 lokasi dan masih banyak lagi bangunan untuk penataan ruang dan pemukiman.

Beragam prestasi yang cukup membanggakan antara lain, Pemkab Humbahas kembali menerima opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk ke-5 kalinya dari BPK Perwakilan Sumut atas laporan keuangan Pemkab Humbahas tahun anggaran 2016. BPK Perwakilan Provinsi Sumut juga memberikan apresiasi tertinggi pertama wilayah se-Provinsi Sumatera Utara atas upaya penyelesaian kerugian daerah kepada Pemkab Humbahas. Apresiasi BPKP peringkat III se-Provsu atas upaya penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP).

Mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian atas keberhasilan dalam pembangunan perkebunan. Tim dragon boat Kabupaten Humbahas yang menjadi Duta Indonesia meraih juara umum pada kejuaraan boat Festival In Thailand 2017. Sanggar Seni Humbang Nauli juara pertama tingkat Sumut dan juara 3 tingkat nasional pada Festival Pertunjukan Rakyat (Petra) di Palembang.

Semua keberhasilan itu berkat kerjasama yang baik antara Pemkab Humbahas (eksekutif), legislatif, yudikatif dan segenap elemen masyarakat. Kedepan, keberhasilan ini akan ditingkatkan, dan apa yang kurang segera dibenahi secara bersama-sama, yang sudah baik dipelihara dan ditingkatkan.

“Kita harus mampu berlari lebih kencang lagi dalam irama yang sama. Untuk itu marilah kita semakin berbuat kearah yang lebih baik lagi” ajak Bupati.

Khusus Aparatur Sipil Negara (ASN), Dosmar meminta agar semakin berbenah. Selain itu, harus bersatu dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat melalui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Laksanakan pekerjaanmu dengan taat azas sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Jadilah sebagai perekat dan pemersatu di lingkungan dan menjadi bagian tim yang solid untuk membangun Kabupaten Humbahas," papar Dosmar.

Begitu juga kepada para wartawan, Dosmar mengajak mari mengekspos potensi-potensi alam dan pariwisata di Humbahas sampai  tingkat nasional, bahkan mancanegara agar dilirik investor dan melakukan pemberitaan di media secara rasional dan berimbang.

"Para tokoh agama, adat dan masyarakat, kami memohon agar tetap menjadi pelopor perekat pemersatu bangsa. Serta menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan termasuk di dalamnya mendukung lewat doa dan partisipasi aktif berbagai kebijakan dan program pemerintah. Ini demi mensukseskan dan terwujudnya Humbang Humbahas Hebat dan Bermentalitas Unggul," kata Dosmar.

Syukuran semakin semarak dengan tampilnya artis ibukota Erik Sitohang, Putri Silitonga, Anita Simanullang dan artis lainnya. Lucky draw juga dilaksanakan yang disponsori BNI, Bank Sumut dan BRI.

Namun, Dosmar tetap meminta maaf kepada hadirin yang memadati lokasi tersebut atas banyaknya hadirin yang tidak kebagian kursi karena ketidak siapan panitia atas bludakan tamu yang hadir. 

"Saya atas nama Pemkab Humbahas mohon maaf atas ketidaknyamanan para hadirin yang tidak mendapatkan tempat duduk, hal ini merupakan ketidaksiapan panitia dengan tamu yang hadir saat ini," ujar Dosmar menutup kata sambutannya. 

Penulis: Trendy. Editor: Aan.